Hadapi 567 Soal, Empat Kandidat Jalani Psikotes

KOTAMOBAGU– Empat kandidat bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu mulai mengikuti pelaksanaan psikotes, Rabu (24/04) kemarin. Sebelumnya para kandidat ini menjalani tes kesehatan yang digelar di Rumah Sakit (RS) Prof.Kandou Manado.

Psikotes dimulai pukul 08.00 wita dan selesai pada pukul 11.30 wita. Koordinator pelaksana tes DR Christofel Elim mengatakan, untuk tes psikologi ini memang ketat, karena pertanyaan–pertanyaan yang ada harus diisi oleh semua kandididat.

“Ada 567 soal yang memang harus diisi secara teliti oleh kandidat yang mengikuti tes. Dalam soal itu ada berbagai unsur materi, mulai dari kejiwaan, sampai pada kepemimpinan yang ada dan dalam hal pengambilan keputusan. Bisa jadi ada yang tidak lolos dalam proses pemeriksaan psikotes kali ini,” ujar Dr Elim.

Dari pantauan, beberapa kandidat tampak ada yang seriusi dan bahkan ada juga yang terlihat santai. Usai mengikuti psikotes, seluruh kandidat terlihat berbaur bersama dengan tim dokter yang ada. “Tes yang kami ikuti merupakan tes tertulis yang pertanyaannya ada beberapa hal yang tidak pernah kita dapati dimana pun. Ini yang dimintakan untuk dijawab sesuai pengkajian masing-masing calon yang ikut tes, dan beberapa pertanyaan soal penyelesaian masalah secara objektif dan lainnya,’’ terang Ir Ishak Sugeha, salah satu calon Wakil Wali Kota KK, yang berpasangan dengan Muh. Salim Landjar.

Djelantik Mokodompit dan pasanganya Rustam Simbala, juga terlihat santai. Sama halnya dengan pasangan Tatong Bara dan Djainudin Damopolii. “Tahapan kali ini sudah selesai, dan Alhamdulillah kita ikuti semua dengan baik dan lancar,’’ungkap Djainudin Damopolii.

Sementara salah satu kandidat, yakni, Sahat Robert Siagian, mengaku soal psikotes tersebut gampang-gampang susah. “Ada soal yang butuh jawaban yang matang untuk seorang calon pemimpin. Ini yang harus kita kaji untuk memutuskan,’’ kata Robert yang berpasangan dengan Nurdin Makalalag.

Tim penguji sendiri mengaku hasil tes akan segera diserahkan secepatnya. “Hasilnya, besok (hari ini,red) sudah ada. Dan ini akan segera diserahkan ke KPU,’’ kata Dr Elim menambahkan. (*)

Leave a Reply