Home / Berita / H+7, KPU Belum Terima Dokumen Parpol

H+7, KPU Belum Terima Dokumen Parpol

KOTAMOBAGU – Tujuh hari sejak dibukanya pendaftaran partai politik (parpol), belum ada satu pun parpol yang melapor ke KPU Kota Kotamobagu.
Informasi yang diperoleh pihak sekretariat KPU Kota Kotamobagu sampai-sampai harus lembur di hari Sabtu dan Minggu kemarin. “Kami tetap bertugas hari Sabtu dan Minggu kemarin, namun tak ada satu parpol yang datang ke KPU Kota Kotamobagu,” kata Yusril, staf sekretariat KPU Kota Kotamobagu, Senin (09/10/2017).
Sebagaimana diketahui, dalam tahapan pendaftaran calon parpol kali ini ada beberapa hal yang harus dipahami, bahwa (1). KPU Kabupaten/Kota menerima dokumen berupa daftar nama anggota parpol dan bukti dukung berupa salinan KTA dan e-KTP yang diserahkan oleh pengurus parpol tingkat kabupaten/kota.
Berikutnya (2). Penyerahan dokumen harus lengkap. Itu artinya KPU Kabupaten/Kota saat menerima dokumen mencocokkan jumlah anggota dalam daftar nama anggota dengan data yang ada dalam Sipol (system informasi partai politik); dan menghitung jumlah anggota dalam daftar nama anggota dengan jumlah salinan KTA dan eKTP.
Setelah itu, (3). Bila dokumen sebagaimana point (2) belum lengkap, KPU Kabupaten/Kota menyerahkan dokumen kepada pengurus parpol agar dilengkapi dan kembali mendaftar bila sudah lengkap. Terakhir (4). Bila dokumen sebagaimana angka (2) sudah lengkap, KPU Kabupaten/Kota akan membuat tanda terima dan diserahkan kepada pengurus parpol.
“Sebenarnya prosedurnya sangat mudah, hanya saja harus berjenjang. Karena tidak bisa pengurus parpol memasukkan dokumen ke KPU Kota Kotamobagu sebelum pimpinan pusat memasukkan berkas ke KPU RI. “Karena itu semuanya tergantung dari DPP parpol masing-masing,” pungkas Yusril. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …