H-6 Logistik Pilwako Aman

KOTAMOBAGU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu memastikan tidak ada kendala dalam pengadaan logistik Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Kotamobagu. Logistik akan didistribusi ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) dimulai pada H-3.
Sebagaimana tahapan penyelenggaraan, logistik mulai didistribusi pada H-3, yakni 22 Juni. Hanya saja, tidak langsung di KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara, red), melainkan berjenjang. Bermalam di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kemudian bermalam di Panitia Pemungutan Suara, dan terakhir di KPPS.

“Tapi, ini akan dilihat lagi. Bila situasi dan kondisi tidak memungkinkan, maka tetap akan diamankan di kantor KPU dan serentak didistribusi pada H-1. Pertimbangannya, Kotamobagu kota kecil yang lokasi TPS bisa dijangkau dengan cepat,” kata Ketua Pokja Logistik Nova Tamon.

Dijelaskan, sebanyak 89.077 surat suara sudah selesai dicetak. Jumlah itu sudah termasuk aturan 2,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Surat suara ini akan dimasukkan bersamaan seluruh perlengkapan TPS di dalam kotak suara yang akan digembok dan disegel. “Dalam distribusi logistik ini akan mendapatkan pengamanan dari aparat kepolisian,” ujar Nova.

Terkait pengamanan, Waka Polres Bolmong Kompol Daru Tyas Wibawa SIK, mengatakan Polres Bolmong sudah siap untuk mengamankan jalannya seluruh tahapan Pilwako Kotamobagu. “Tidak hanya pengamanan saat kampanye dan hari H saja, tetapi juga ikut mengamankan proses distribusi logistik sebelum dan sesudah hari pencoblosan,” tegas Daru.(*)

Leave a Reply