H-2 Warga Sibuk Urus A-5

KOTAMOBAGU – Memasuki H minus 2 pemungutan suara 9 Juli, warga mulai sibuk mengurus formulir A-5 (pindah memilih) di KPU Kotamobagu.

“Disatu sisi aturan sudah menegaskan bahwa untuk mengurus A-5 ada batas waktunya, yakni 10 hari, 7 hari dan 3 hari sebelum pemungutan suara. Disisi lain kami dilarang membatasi orang untuk menyalurkan hak konstitusinya,” kata Asep Sabar, komisioner yang membidangi data dan informasi, di kantornya Senin (07/07/14).

Jalan tengah yang bisa dilakukan, kata Asep, adalah berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). “Mereka yang mengurus A-5 diminta untuk meminta keterangan dari Panwas, setelah itu pihak KPU baru bisa mengeluarkan A-5. Ini untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk anggapan bahwa KPU sudah melegalkan mobilisasi massa untuk mendukung salah satu calon,” tegas Asep kepada beberapa media.

Terkait formulir A-5, tambah Yusril Kobandaha, koordinator operator data pemilih KPU Kotamobagu, yang diprirotaskan adalah mereka yang sudah masuk daftar pemilih yang berlaku secara nasional.

“Mereka nantinya bisa memilih sama dengan pemilih lainnya. Sementara untuk yang tidak masuk dalam daftar pemilih mereka akan masuk pada DPKTb atau pemilih yang hanya menggunakan identitas. Itu pun akan dilayani apabila pemilih yang terdaftar di daftar pemilih sudah selesai, atau satu jam sebelum pemungutan suara ditutup pukul 13.00 wita. Itu pun tergantung ketersediaan surat suara. Kalau tidak, maka pemilih akan diarahkan ke TPS yang terdekat dan memiliki surat suara lebih,” papar Yusril. (**)

Leave a Reply