Giliran KPPS Kotamobagu Timur Diberikan Bimtek

KOTAMOBAGU– Bimbingan teknis (Bimtek) tentang pemungutan dan penghitungan suara bagi 240 Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang tersebar di 33 kelurahan/desa, berakhir, Kamis (13/06) kemarin.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu menyelenggarakan Bimtek ini selama tiga hari, mulai 11 hingga 13 Juni. Kemarin, giliran KPPS untuk Kecamatan Kotamobagu Timur.

“Bimtek digelar berdasarkan kecamatan, mulai dari Kotamobagu Utara, Selatan kemudian Barat. Terakhir di Kecamatan Kotamobagu Timur,” ujar Sekretaris KPU Kotamobagu Agung Adati, kemarin.

Dalam Bimtek ini lanjut Agung, masing-masing KPPS mengirimkan dua personelnya. “Ada tujuh personel KPPS. Jadi peserta Bimtek ketua dan satu personel KPPS. Nanti, mereka berdua itu menyampaikan kepada anggota KPPS lain,” jelas Agung.

Secara teknis kata Agung, para KPPS harus memahami pelaksanaan saat pemungutan dan penghitungan suara. Termasuk larangan membawa telepon selular (ponsel) atau kamera ke dalam bilik suara. Larangan tersebut untuk menghindari perekaman yang disalahgunakan untuk kegiatan money politik. “Kami akan siapkan tempat khusus untuk penyimpanan ponsel atau kamera. Pemilih dilarang membawa HP atau kamera dalam bilik suara,” katanya.(*)

Leave a Reply