Ganti PPS ‘Berpolitik’

KOTAMOBAGU – Dikonfirmasi terkait ada beberapa oknum panitia pemungutan suara (PPS) yang menghadiri kampanye salah satu partai, Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, berang.

Menurutnya, tidak ada ampun bagi penyelenggara pemilu ditingkat bawah yang berpolitik, apalagi kalau sampai ada bukti. “Kami sudah berulang-ulang menyampaikan dan menegaskan kepada para penyelenggara, mulai dari PPK, PPS hingga KPPS untuk kerja professional dan netral,” tegas Nayodo yang dihubungi di kantornya, Rabu (26/03/14).

Penegasan tersebut, lanjut Nayodo, bukan berarti Komisi Pemilihan Umum (KPU) melarang para penyelenggara pemilu untuk menentukan pilihan politiknya.

“Sebagai individu dan warga negara mereka bahkan dianjurkan untuk menentukan sikap politiknya di Pemilu, tapi bukan berarti harus turun menghadiri kampanye salah satu partai politik. Ini bisa berdampak buruk,” tambah Nayodo.

Sebagaimana diketahui, awal pekan ini Nayodo juga sempat kesal dengan kabar soal intervensi yang dilakukan oleh salah satu partai politik terhadap pembentukan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Karena itu dia langsung memanggil seluruh PPS dan PPK untuk di-breefing agar tidak terpengaruh dengan berbagai ancaman serta intimidasi dari partai. (**)

Leave a Reply