Gandeng Ormawa, KPU Bidik Pemilih Pemula

KOTAMOBAGU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu menggelar sosialisasi pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Kotamobagu kepada pemilih pemula di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Widya Dharma, Sabtu (1/06/2013). Pada kegiatan ini KPU menggandeng sejumlah organisasi Mahasiswa (Ormawa) ekstra kampus, yakni HMI, IMM dan GMNI.

KPU tidak hanya memberikan materi tentang sejarah pemilu, proses penyelenggaraan pemilu, dan pentingnya pemilu, tapi juga melibatkan secara langsung pemilih pemula yang rata-rata duduk dibangku SMA/SMK/MA kelas II ini, untuk menjadi penyelenggara pemilu.

Tampil sebagai pemateri Ketua HMI Wendiarto Entebone, Ketua IMM Mendi Paputungan dan Ketua GMNI Herdi Dayoh. Sementara KPU, memberikan praktik langsung tata cara pemungutan suara.

“Di zaman demokratis saat ini, masyarakat justru telah diajari cara-cara tidak demokratis. Salah satunya mengajak memilih dengan imbalan. Inilah yang harus diubah. Yang bisa mengubah hanyalah kalian (siswa) sebagai pemilih pemula. Karena itu, jadilah pemilih cerdas, mengenal calon dari visi dan misinya, bukan karena imbalan,” kata Wendiarto, Mendi dan Herdi, bergantian.

Terpisah, Ketua Pokja Sosialisasi KPU Kotamobagu Amir Halatan SSos, mengatakan dalam proses penyelenggaraan pemilihan umum, tugas KPU salah satunya maksimalisasi angka partisipasi pemilih. “Salah satunya memberikan pengetahuan kepada pemilih pemula. Kadang karena takut, gugup atau tidak tahu siapa yang akan dipilih, membuat mereka enggan menyalurkan hak pilih,” terang Amir. Sementara itu,  sekretaris KPU Kotamobagu Agung Adati berharap para siswa ini dapat menyampaikan materi-materi tersebut kepada teman-temannya yang juga mempunyai hak pilih.

“KPU memang membidik para siswa SMA/sederajat dalam kegiatan ini, karena jumlah pemilih pemula pada Pemilukada Kotamobagu pada periode ini mencapai sekira 10-20 persen dari total pemilih. Dengan demikian, para pemilih pemula ini sangat mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih pada Pemilukada Kotamobagu. Dia berharap para pemilih pemula bisa memanfaatkan haknya untuk memilih kepala daerah,” pungkas mantan Kabag Humas Pemkot KK ini.(*)

Leave a Reply