Home / Berita / Funwalk Bertajuk ‘Tolak Golput’

Funwalk Bertajuk ‘Tolak Golput’

KOTAMOBAGU – Funwalk (jalan sehat) yang digelar serentak oleh komisi pemilihan umum (KPU) se-Indonesia, Minggu (09/03/14) mendatang, bakal semarak.

“Acara tersebut merupakan agenda nasional dalam rangka membumikan dan mensosialisasikan Pemilu 2014 yang krang lebih tinggal sebulan lagi,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu, di ruang kerjanya, Kamis (27/02/14).

Untuk pesertanya, lanjut Nayodo, adalah masyarakat umum, terutama yang sudah memiliki hak untuk memilih. “Kami juga mengundang seluruh organisasi kemasyarakat, pemuda dan agama untuk turut serta di acara ini dan tidak dipungut biaya alias gratis,” tegas Nayodo.

Sebagaimana diketahui, KPU RI sudah mengeluarkan surat edaran Nomor 86/KPU/II/2014 tentang Pelaksanaan Gerak Jalan dan Kirab Pemilu 2014. Untuk kegiatan jalan sehat di tingkat pusat, pesertanya berjumlah 10 ribu orang, untuk tingkat provinsi 5000 orang dan Kabupaten/Kota pesertanya berjumlah 1500 orang. Jadi total peserta kegiatan jalan sehat dan gerakan tolak Golput ini sebanyak 920.500 orang secara nasional.

Iwan Manoppo, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi sosialisasi menambahkan bahwa rencananya kegiatan tersebut melibatkan pemerintah kota (Pemkot) Kotamobagu. “Hingga siang ini pendaftar sudah mulai banyak dan mereka mencari tahu soal informasi kegiatan tersebut. Kami juga sudah mencetak t-shirt dan doorprise bagi peserta yang akan mengikuti kegiatan ini. Yang pasti kegiatannya akan dibuat semanrik mungkin,” ujar Iwan.

Iwan menambahkan, fun walk menyongsong Pemilu 2014 merupakan bagian dari sosialisasi pelaksanaan pemungutan suara pada 9 April 2014. KPU penting memastikan semua warga Kotambagu yang memiliki hak pilih sudah mengetahui hari dan tanggal pemungutan suara.

“Kita punya target untuk meningkatkan partisipasi pemilih hingga 90 persen. Karena itu harus ada upaya maksimal untuk memastikan pemilih sudah mengetahui hari dan tanggal pemungutan suara. Jalan sehat ini merupakan gerakan untuk membumikan pelaksanaan Pemilu 2014 di Kotamobagu,” ujarnya.

Untuk tingkat Kotamobagu, acara tersebut dipusatkan di alun-alun Lapangan Kotamobagu dengan rute sepanjang 5 kilometer start dari lapangan Kotamobagu menelusuri Jalan Ahmad Yani (Mogolaing) hingga ke Jalan KS Tubun (Sinindian), sampai garis finis di eks kantor Bupati Bolmong. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply