Home / Berita / FPT Sekaligus Tertulis

FPT Sekaligus Tertulis

KOTAMOBAGU – Berbeda dengan PPK, Rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kotamobagu dalam rangka Pilgub Tahun 2015, ternyata lebih ketat.

Pasalnya calon PPS di Kotamobagu tidak hanya di wawancara oleh lima komisioner KPU Kotamobagu, tapi juga diuji kompetensi dan kemampuannya merekap suara hasil pemungutan suara.

“Dengan demikian kami mengkombinasikan tes calon PPS antara wawancara dengan tertulis. Mengapa dilakukan saat ini juga? Karena memang jadwal yang tersedia cuma hari ini, sementara besok sudah harus diumumkan,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kota Kotamobagu di sela-sela kesibukannya mewawancara calon PPS.

Sejak rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), masih kata Nayodo, pihaknya memang membebankan para calon untuk mampu melakukan rekap suara pemilih. “Belajar dari pengalaman, persoalan yang paling krusial adalah merekap, selain data pemilih. Karena itu kami tidak mau lagi ada persoalan dengan rekap suara dan data pemilih di pilgub kali ini.”

Kepada media ini, Iwan Manoppo, komisioner KPU Kotamobagu mengatakan bahwa tes kali ini dibagi dua kloter, pertama untuk peserta calon PPS dari Kecamatan Kotamobagu Barat dan Selatan. “Dan siang nanti untuk dua kecamatan lainnya yakni Kecamatan Kotamobagu Utara dan Timur.”

Setelah itu KPU Kotamobagu langsung melakukan pleno dan menetapkan tiga orang PPS untuk tiap desa dan kelurahan. “Belum diketahui pasti waktu pleno-nya. Karena masih akan disesuaikan dengan tes untuk dua kecamatan siang nanti.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply