Home / Berita / Format Data Pemilih Berubah

Format Data Pemilih Berubah

JAKARTA – Di pemilihan serentak tahun 2018 format data pemilih yang selama ini sudah digunakan, bakal berubah.
“Formatnya jauh berbeda dengan yang kita pakai selama ini. Dan banyak yang berubah,” kata Asep Sabar, komisioner KPU Kota Kotamobagu yang menghadiri Bimtek Sidalih di Jakarta Kamis (09/11/17).
Menurut Asep, ke depan nanti kita tidak lagi menggunakan istilah snapshot, DPTb, DPTb-1 dan lain-lain. “Format data nanti lebih praktis dan fokus. Terutama saat memvalidasi terhadap kasus-kasus yang sering terjadi seperti data ganda, pindah domisili dan sebagainya.”
Saat Bimtek, komisiner KPU RI, Viryan, mengatakan bahwa target perubahan format data pemilih dalam rangka meningkatkan kualitas. “Substansinya kita menginginkan data pemilih yang semakin baik. Baru bukan berarti yang lama itu buruk. Perbaikan semata untuk meningkatkan kualitas.”
Masih kata Viryan data pemilih yang digunakan mendapat apresiasi positif dari masyarakat maupun dunia internasional. “Karena itu kualitas data pemiih perlu dijaga. Diharapkan kepada operator untuk lebih fokus. Karena sukses data pemilih ada di tangan operator.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …