Evaluasi Coklit, KPU KK Undang PPK-PPS

Evaluasi Coklit, KPU KK Undang PPK-PPS

KOTAMOBAGU – Agar rapih dan akurat dalam merekap hasil coklit terkait Gerakan Coklit Serentak 20 Januari lalu, KPU Kota Kotamobagu mengundang PPK dan PPS, Senin (22/01/18) malam.
“Rapat tersebut untuk meminta hasil coklit yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran daftar pemilih (PPDP), panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK). Ada format yang harus diisi oleh tiga penyelenggara ditingkat bawah itu. Karenanya supaya tidak bingung kami mengundang mereka,” kata Yusril Kobandaha, operator sidalih KPU Kota Kotamobagu.
Menurut Yusril, hasil Gerakan Coklit Serentak tersebut nantinya akan dikirim ke KPU RI untuk direkap secara nasional. “KPU Kota Kotamobagu di-deadline sampai dengan Selasa (23/01/18) malam ini rekapan sudah harus masuk, sehingga Rabu besok akan dikirim ke KPU Provinsi Sulawesi Utara.”
Dibagian lain, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi data pemilih, Asep Sabar, mengatakan bahwa selain membahas terkait hasil akhir Gerakan Coklit Serentak, pertemuan tadi malam juga dalam rangka menyamakan persepsi coklit, karena ternyata banyak problem di lapangan yang muncul.
“Kami memberikan penegasan kembali terkait masalah-masalah coklit dan penyelesaiannya serta bagaimana cara mengisi buku kerja yang benar dan tepat. Ini penting jangan sampai terjadi kekeliruan dan berdampak buruk. Tahapan coklit itu sendiri yang akan berlangsung hingga tanggal 18 Februari 2018 nanti,” tegas Asep.
Masih kata Asep, KPU Kota Kotamobagu juga nanti akan menggelar rapat evaluasi 10 hari tahapan coklit. Tahapan evaluasinya dilakukan secara berjenjang mulai dari PPS, PPK hingga KPU Kota Kotamobagu. (**)