Enam Parpol Tak Capai 100 Persen Kuota Caleg

KOTAMOBAGU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu resmi mengumumkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang masuk daftar calon sementara (DCS) untuk Pemilu 2014.
Hasilnya, sebanyak 267 bacaleg yang diusulkan oleh 12 partai politik (Parpol) peserta Pemilu terdaftar sebagai caleg. Namun, bukan berarti para bacaleg tersebut otomatis masuk dalam daftar calon tetap (DPT).

“Setelah pengumuman ini, masyarakat bisa memberikan tanggapan terhadap nama-nama yang tertera dalam DCS itu. Bila memang bermasalah, bacaleg tersebut bisa saja diganti,” ujar Komisioner KPU Kotamobagu Amir Halatan.

Data diperoleh, hanya 6 parpol yang capai 100 persen memenuhi kuota caleg. Parpol tersebut yakni, Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejehtera (PKS), Partai Golkar (PG), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Sementara 6 parpol lainnya tidak capai. Seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

PDIP hanya di daerah pemilihan (Dapil) 2 Kotamobagu Selatan yang calegnya capai 100 persen. Di dapil ini ada 6 kursi yang diperebutkan. Sementara di dua dapil lainnya, yakni, dapil satu (Utara-Timur) hanya ada 9 caleg dari 10 kursi yang ada.

Begitu juga di dapil 3 (Barat), hanya ada 8 caleg dari 9 kursi. Partai Demokrat dan Hanura di dapil satu (Utara-Timur) hanya 9 caleg dari 10. Dua dapil lainnya, Selatan dan Barat masing-masing capai 100 persen. PPP hanya di dapil dua (Selatan) hanya 5 caleg dari 6 kursi. Berikutnya, PBB di dapil satu (Utara-Timur), hanya 2 caleg, dapil dua (Selatan) hanya 3 caleg dan di dapil tiga (Barat) ada 5 caleg.

Sementara PKPI, khusus dapil satu hanya 3 caleg, dapil dua 5 caleg dan dapil tiga ada 4 caleg. Terpisah, Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan mengatakan, KPU memberi kesempatan untuk pergantian antara 26 Juli sampai 1 Agustus jika ada tanggapan dari masyarakat terhadap si caleg. “Verifikasi pergantian dilakukan antara tanggal 2-8 Agustus. Setelah itu, KPU akan mulai menyusun dan menetapkan DCT antara tanggal 9-22 Agustus,” tandas Nayodo.(*)

Leave a Reply