Home / Berita / Dukungan Stakholder Turut Sukseskan Pemilu

Dukungan Stakholder Turut Sukseskan Pemilu

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengungkapkan optimismenya pemilu 17 April 2019 siap diselenggarakan melihat segala aspek kesiapan yang berjalan sesuai dengan tahapan yang direncanakan.
Meski demikian Anggota KPU Hasyim Asy’ari tetap meminta dukungan kepada semua pihak untuk lembaganya agar tetap mampu menjalankan tugas dan tahapan dengan aman dan lancar. “KPU tidak bisa bekerja sendirian, daya dukung juga dari pemerintah, kementerian, TNI/polri ini jadi bagian yang kita harus komunikasikan setiap saat,” ujar Hasyim pada diskusi yang digelar dipuncak Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemilu 2019, Sabtu (17/11/2018).
Mantan Anggota KPU Jawa Tengah lalu mengatakan, bahwa kerja kepemiluan tidaklah mudah. Apalagi di 2019, pertarungan perebutan kekuasaan dilakukan dihari yang sama. “Tapi pada intinya kita sudah siap semua, bahwa pemilu itu adalah area kontestasi, persaingan politik legal untuk mengisi jabatan,” tambah Hasyim.
Kolega penyelenggara pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melalui Anggota M Afifudin juga sepakat bahwa butuh dukungan semua pihak untuk suksesnya Pemilu 2019. Dari segi pengawasan, sebagaimana domain lembaganya, maka kontestasi yang ketat ini harus mendapatkan perhatian dari semua pihak. “Yang diawasi ini memang tidak mengenakkan tapi itulah pentingnya kordinasi, memahami aturan yang sama,” kata Afifudin.
Dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Anggota Muhammad sepakat bahwa suksesnya penyelenggaraan pemilu tidak bisa dilepaskan dari kompaknya KPU dan Bawaslu dalam bertugas. Dia pun menyerukan agar harmonisasi keduanya yang terjalin di tingkat pusat juga berlaku ditiap tingkatan lainnya. “Sudah selesai periode Tom and Jerry, anda sekarang jadi Jerry dan Jerry,” ucap Muhammad.
Dari pemerintah, Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri Laode Ahmad hanya berpesan agar penyelenggara khususnya KPU tetap fokus memastikan seluruh tahapan berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Faktor monitoring dan supervisi juga menurut dia penting untuk selalu dilakukan terutama untuk memantau kerja jajaran hingga tingkat bawah. “Berikut memastikan partisipasi pemilih, karena ini penyumbang besar kesuksesan (partisipasi tinggi),” tambah Laode.
Sementara itu Kepala Korps Sabhara Baharkam Polri, Irjen Pol Sudjarno menegaskan komitmen lembaganya sebagai bagian dari penyelenggara keamanan untuk menjaga setiap tahapan. Melalui operasi Mantap Brata dia optimis pelaksanaan pemilu legislatif dan eksekutif berjalan damai, aman dan lancar. “Polri sudah komitmen bahwa KPU itu baik orangnya, kantornya itu objek vital yang harus kita amankan,” tegasnya. (***)

Sumber: www.kpu.go.id

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …