Pukul 13.00 Wita Uji Publik Ditutup

KOTAMOBAGU – Senin (18/05/15) tepat pukul 13.00 wita, uji publik terhadap calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) resmi ditutup.

Tahap berikutnya ke-99 orang calon PPS se-Kota Kotamobagu dalam rangka Pilgub Sulawesi Utara Tahun 2015 yang sudah diumumkan sejak Minggu (17/05/15), dilantik.

“Pelantikannya akan dilakukan di kantor KPU Kotamobagu lantai dua. Rencananya akan dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara,” kata Iwan Manoppo, komisioner KPU Kotamobagu yang juga penanggungjawab rekrutmen Panitia Adhoc di ruang kerjanya, tadi pagi.

Iwan menambahkan selama berlangsung uji publik, KPU Kotamobagu sempat menerima masukan dari masyarakat terkait dua orang yang sudah diumumkan lolos tiga besar namun tersandung ketentuan masa jabatan dua periode.

“Mereka berdua sudah dipanggil tadi malam, dan mengakui semuanya. Dengan demikian kami langsung mengganti keduanya, yakni dari urutan keempat dan kelima,” jelas Iwan yang juga ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Kotamobagu ini, tanpa menjelaskan dari desa atau kelurahan mana yang dilakukan pergantian tersebut.

Sebagaimana diketahui, KPU Kotamobagu memang sengaja membuka kesempatan masyarakat untuk memberikan masukan serta tanggapan terkait dengan sudah diumumkannya calon PPS yang lolos tiga besar di setiap desa/kelurahan se-Kotamobagu.

“Kami mengakui memiliki banyak kekurangan dan informasi, makanya kami meminta tanggapan masyarakat lewat uji publik. Kami tidak mau persoalan muncul nanti setelah mereka dilantik dan melakukan pekerjaan, karena akan berdampak pada kerja-kerja yang lainnya,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu.

Nayodo menambahkan, sekarang tinggal dua jam lagi masyarakat diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan, bila memang ada persoalan dengan calon PPS. “Tepat jam 14.00 nanti kami akan melakukan pelantikan, sebaiknya jika ingin meng-complain dilakukan sebelum pelantikan ini.” (**)

Leave a Reply