Home / Berita / DPTb-1 Kotamobagu Mulai Terisi

DPTb-1 Kotamobagu Mulai Terisi

KOTAMOBAGU – Pembukaan pendaftaran DPTb-1 (Daftar Pemilih Tambahan) bagi pemilih yang sama sekali belum terdaftar di DPT Kotamobagu terkait Pilgub Sulut 2015, mendapat perhatian warga.

“Sampai saat ini kami masih mengumpulkan data dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kotamobagu. Jadi belum bisa dikalkulasi jumlah total berapa yang terdaftar dir DPTb-1, nanti akan ada waktu penetapannya,” kata Yusril Kobandaha dan Nasir Malah, operator Sidaloh KPU Kotamobagu, di ruang kerjanya, Sabtu (17/10/15).

Kepada media ini Yusril dan Nasir, menambahkan bahwa nama-nama pemilih yang dimasukkan ke DPTb-1 harus dilengkapi dengan biodata yang lengkap, mulai dari NIK, NKK, tempat tanggal lahir dan lain-lain.

“Ini penting agar tidak memunculkan data ganda. Karena bisa saja nama yang dimasukkan oleh PPS ternyata sudah ada di DPT.”

Sementara itu, Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data informasi menjelaskan bahwa dari hasil monitoringnya ternyata masih banyak warga atau pemilih, terutama yang pindahan, mengaku belum terdaftar di DPT dan ingin masuk DPTb-1.

“Hanya saja problemnya mengapa mereka baru melapor sekarang? Kan sejak enam bulan lalu kami sudah membuka kesempatan kepada pemilih pindahan untuk segera melapor kalau mau memilih di Kotamobagu, sementara sekarang tinggal H minus 42.”

Solusi yang diputuskan KPU Kotamobagu, lanjut Asep, mereka akan diupayakan masuk DPTb-2, itu pun kalau yang bersangkutan sudah memiliki KTP sini (Kotamobagu, red).

“Jadi kita menunggu apakah mereka akan mengurus KTP sebelum rekapitulasi ditingkat PPS? kalau itu bisa, maka mereka masuk DPTb-1. Tapi kalau ternyata melewati batas akhir Oktober ini, mereka masuk DPTb-2,” pungkas Asep. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply