Home / Berita / DPT Terus Diperbaiki

DPT Terus Diperbaiki

KOTAMOBAGU – Meski Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Kotamobagu telah ditetapkan sebanyak 91.141 pemilih, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu masih memiliki pekerjaan rumah.Sebab, saat ini ada temuan data pemilih yang Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK) masih invalid atau kosong. “Yang namanya NIK dan NKK sebenarnya itu urusan pemerintah. Kalaupun pemilih sudah terdaftar, meski tak memiliki NIK dan NKK, yang bersangkutan tetap punya hak memilih,” kata Ketua Divisi Data Informasi, Humas, Kampanye dan Hubungan Antar Lembaga KPU Kotamobagu, Asep Sabar, di ruang kerjanya Selasa (12/11) kemarin.

“Yang perlu dipahami, KPU Pusat telah menetapkan DPT secara nasional pada tanggal 4 November kemarin. Nah saat ini kita masih punya pekerjaan rumah terkait pemilih yang NIK dan NKK-nya masih invalid. Kita sudah menyurat ke Disduk dan Capil Kotamobagu untuk melengkapinya,” jelas Asep.

Menuru t dia, temuan data pemilih yang NIK dan NKK-nya invalid kemungkinan terjadi akibat ada kesalahan penulisan nama maupun tanggal lahir. Untuk itulah seluruh data temuan itu akan di-cross check oleh Disduk dan Capil. “Mudah-mudahan dalam waktu lima hari ini kita dapat melengkapi NIK dan NKK yang kosong tersebut sesuai waktu yang telah diberikan KPU Pusat kepada KPU Kabupaten/Kota,” kata Asep. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply