Home / Berita / DPT Pemilu Ketambahan 4.615 Orang

DPT Pemilu Ketambahan 4.615 Orang

KOTAMOBAGU – Berbeda dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada yang hanya mencatat 85.800 pemilih, pada DPT Pemilu 2019 kali bertambah menjadi 89.415 pemilih.
“Semua itu sudah melalui proses perbaikan dan perbaikan akhir dari DPS hingga DPS-HP,” kata Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi data pemilih, usai Pleno Penetapan DPT Pemilu 2019, Kamis (16/08/18).
Bila dihitung-hitung, kata Asep, selisihnya mencapai 4.615 pemilih dari DPT pilkada 2018. “Meski demikian belum berarti sampai disitu, karena masih ada tahapan berikutnya yakni DPTb dan DPK,” tegas Asep.
Pelaksanaan Pleno DPT Pemilu hari ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Kotamobagu, Nova Tamon yang didampingi empat komisioner lain: Asep Sabar, Iwan Manoppo, Amir Halatan dan Ridwan Kalauw. Hadir di acara itu Kasubag Program dan Data serta Kasubag Teknis KPU Provinsi Sulawesi Utara serta dua staf Sekretariat Bawaslu Kota Kotamobagu.
Menariknya di sela-sela pleno para peserta yang terdiri dari pengurus dan penghubung partai politik (parpol) se-Kota Kotamobagu diberikan kesempatan berdialog dengan KPU Kota Kotamobagu dan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu, terkait dengan data pemilih.
Asep yang memberi pengantar dialog menyampaikan hal-hal terkait tahapan-tahapan pemutakhiran data pemilih yang berbeda antara yang berlaku di Pemilu 2014, Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 kali ini. “Karena itu kami ingin mengingatkan kembali kepada parpol yang berhubungan langsung dengan konstituen, agar tidak salah mengerti. Dan yang paling utama adalah untuk mengingatkan konstituen untuk tidak henti-hentinya men-cek nama mereka di data pemilih yang nantinya akan diumumkan.”
Menurut Adi Malah, Kabid Kependudukan Disdukcapil Kota Kotamobagu, pihaknya sangat proaktif dalam melakukan perekaman KTP-el kepada warga. “Bahkan warga yang tidak mampu datang ke Disdukcapil akan didatangi sendiri oleh Disdukcapil ke rumahnya,” kata Adi.
Pengalaman pada Pilkada 2018 kemarin, lanjut Adi, Disdukcapil bahkan bekerja larut melayani masyarakat yang melakukan perekaman maupun menunggu blangko KTP-el yang baru berusia 17 tahun pada hari H pemungutan suara. “Waktu itu kami bertugas hingga pukul 03.00 wita,” pungkasnya. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …