DPT Pemilu 2019 Diperbaiki Lagi

DPT Pemilu 2019 Diperbaiki Lagi

KOTAMOBAGU – Meski sudah ditetapkan secara nasional, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 terus diperbaiki, termasuk memastikan kegandaan pemilih sebagaimana direkomendasikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) secara berjenjang.
“DPT Pemilu 2019 secara nasional saat ini sedang diperbaiki. Setelah itu akan ditetapkan kembali sebagai DPT Hasil Perbaikan (DPT-HP) Pemilu 2019,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi data, disela-sela Rakor Terpadu di kantornya, Senin (10/09/18).
Untuk memastikan rekomendasi Bawaslu tersebut, kata Asep, pihaknya mengundang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk sama-sama memastikan apakah nama-nama pemilih yang direkomendasikan Bawaslu benar-benar ganda.
“KPU Kota Kotamobagu tidak bisa begitu saja langsung mencoret nama-nama pemilih yang diidentifikasi ganda, tapi harus berkoordinasi dengan Disdukcapil, karena beresiko pidana menghilangkan hak konstitusional warga,” tegas Asep.
Terkait pemilih ganda, masih kata Asep, bisa saja pemilih yang bersangkutan kembar misalnya, sehingga Nomor Kartu Keluarga (NKK)-nya sama. “Namun dari identifikasi awal yang dilakukan KPU Kota Kotamobagu, kebanyakan nama pemilih yang direkomendasikan oleh Bawaslu beda Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan NKK, yang berarti pemilih berbeda, meski memiliki nama sama.”
Saat Rakor Terpadu, Kadis Dukcapil Kota Kotamobagu, Virgina Olii, mengatakan bahwa pihaknya siap membantu kerja-kerja KPU Kota Kotamobagu dalam memutakhirkan daftar pemilih, termasuk menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan Bawaslu. “Silakan sampaikan data-datanya ke kami dan kami akan langsung mengidentifikasi kepemilikan KTP-el atau status kependudukannya. Ini penting agar nantinya tidak ada persoalan di kemudian hari,” ujar Olii.
Sementara itu Personil Bawaslu Kota Kotamobagu, Ivan Tandayu, mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan KPU Kota Kotamobagu dalam menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu. “Bahkan informasi yang kami peroleh begitu mendapatkan rekomendasi nama-nama ganda, KPU Kota Kotamobagu dengan cepat mengidentifikasinya, padahal jumlahnya tidak sedikit.”
Kepada parpol dan masyarakat, Bawaslu berharap ada masukan-masukan terkait dengan daftar pemilih. “Tidak perlu melalui Bawaslu tapi bisa langsung ke PPS, PPK atau bahkan KPU Kota Kotamobagu dan itu akan langsung ditindaklanjuti dan diidentifikasi. Bahkan sekarang ada aplikasi untuk mengecek nama pemilih melalui handphone.” (**)