DPT Kembali Diseriusi

KOTAMOBAGU – Penyempurnaan daftar pemilih tetap (DPT) terus dilakukan KPU Kotamobagu. Ini sesuai instruksi KPU RI pasca pleno nasional awal Desember 2013 silam.

“Pada pleno tersebut diputuskan bahwa penyempurnaan DPT terus dilakukan hingga 14 hari sebelum pemungutan suara. Bahkan KPU RI sudah mengeluarkan surat edaran nomor 858/KPU/XII/2013 sebagai revisi atas surat edaran nomor 838/KPU/XII/2013 tentang penyempurnaan DPT dan penyusunan DP Khusus,” jelas Asep Sabar, Ketua Divisi Data Informasi, Humas, Kampanye dan Hubungan Antar Lembaga KPU Kotamobagu di ruang kerjanya, Rabu (08/01/14).

Nah, dalam penyempurnaan DPT plus penyusunan DP Khusus, lanjut Asep, KPU kembali melakukan pencermatan dan verifikasi data ganda K1. PPS dan PPK menjadi ujung tombak dalam melakukan pencermatan data tersebut. “Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang masih invalid juga diperbaiki melalui koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Bahkan saya sudah bolak balik ke kantor Disdukcapil untuk mendapatkan data terbaru dari mereka,” jelas Asep.

Sebagaimana diketahui, KPU RI sendiri sudah menginstruksikan bahwa untuk data ganda K1 dalam lingkup kabupaten/kota, maka penghapusannya dapat dilakukan langsung oleh KPU kabupaten/kota di setiap daerah. Sementara untuk data ganda K1 yang belum dapat dihapus KPU kabupaten/kota dikirimkan ke KPU RI. Nantinya KPU RI yang akan melakukan penghapusan data ganda K1 dengan status ganda antar kabupaten/kota.

Setelah selesai penghapusan data ganda K1 dalam lingkup kabupaten/kota dan antar kabupaten/kota, sebagaimana biasanya KPU kabupaten/kota dapat melakukan snapshot perbaikan DPT. Kemudian dilakukan rapat koordinasi dan penyerahan berita acara perbaikan DPT kepada KPU Provinsi, Panwaslu kabupaten/kota dan peserta Pemilu di tingkat kabupaten/kota. (**)