Home / Berita / DPT Invalid Tuntas

DPT Invalid Tuntas

KOTAMOBAGU – Setelah dilakukan perbaikan berulang-ulang, akhirnya daftar pemilih tetap (DPT) Kotamobagu valid juga.

“Upaya itu berkat kerjasama yang baik diantara semua pihak, mulai dari kepala desa, lurah serta panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Kotamobagu,” kata Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, Senin (10/02/14).

Bahkan, kata Nayodo, secara serius PPS bersama kepala desa dan lurah melakukan penyisiran warga, terutama yang sudah masuk DPT namun tidak memiliki nomor induk kependudukan (NIK) alias invalid. “Setelah diberi waktu 20 hari melakukan penyisiran NIK DPT tersebut, ternyata ditemukan DPT yang memang belum memiliki NIK, ada juga yang tidak dikenal, pindah,” jelas Nayodo.

Akibat penyisiran dan perbaikan beberapa kali itu, akhirnya DPT pemilu legislatif Kotamobagu dinyatakan bersih yang disertai sedikit pengurangan jumlah pemilih. “Kami memastikan DPT yang tidak disertai atau NIK tidak lengkap tuntas 100 persen,” tegas Asep Sabar, Ketua Divisi Data Informasi, Hubmas, Kampanye dan Hubungan antar Lembaga KPU Kotamobagu.

Kalau mau jujur, kata Asep, persoalan tersebut sebenarnya disebabkan oleh banyaknya data pemilih yang ada pada DPT tidak sesuai dengan daftar awal. “Untuk kasus seperti ini kita melalui PPS bekerja sama dengan kepala desa serta lurah dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dis¬dukcapil) terus melakukan perbaikan data dan pengisian NIK yang ber¬masalah.”

Seluruh NIK milik 1.548 pemilih yang telah ditemukan ataupun dibuatkan data administrasi kependudukan baru oleh pihak dispendukcapil selanjutnya dilampirkan KPU di lembar berita acara tersendiri untuk disertakan berita acara penetapan DPT, sebagai kelengkapan administrasi.

“Masalah NIK invalid atau NIK kosong yang sebelumnya masih ditemukan sekitar 1.548 pemilih tuntas seratus persen dan akan kami tetapkan dalam rapat pleno pengesahan verifikasi faktual,” pungkas Asep. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply