Home / Berita / DPT Invalid Diperbaiki

DPT Invalid Diperbaiki

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kotamobagu, menemukan banyak data invalid. Tercatat, sekira ribuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) invalid ditemukan dalam daftar pemilih tetap (DPT).“Sebagian besar NIK Invalid di beberapa desa yang penduduknya sangat besar,” kata Yusril Kobandaha, operator Sidalih KPU Kotamobagu kepada Koran ini, Selasa (19/11) kemarin.
Yang paling mendominasi adalah kasus peralihan dari KTP manual ke e-KTP, dimana nama-nama penduduk tidak langsung dihapus, sehingga menjadi ganda. “Kasus lainnya adalah meski nama masuk dalam DPT, namun NIK tetap invalid lantaran tidak sesuai digit,” yambah Yusril.

Meski demikian, tambah Yusril, ada sedikit perbaikan dari hasil koordinasi dengan panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK). “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa diketahui berapa jumlah perubahannya, terutama NIK yang invalid tersebut.”

Ketika ditanya apakah invalid tersebut terkait dengan isu adanya pemilih fiktif, Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, hanya bisa berharap mudah-mudahan kabar tersebut tidak benar. “Kami belum bisa memastikan, karena validasi sampai saat ini masih berjalan. Kesalahannya di mana, sehingga masih ada daftar pemilih tetap (DPT) yang NIK-nya bermasalah, baik yang kosong maupun invalid, saya belum bisa menjawab kepastian penyebabnya,” katanya.

Kemungkinan yang bisa saja terjadi, antara lain saat pendataan di panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih), petugas tidak mendapat NIK yang bersangkutan, atau karena pemilih tidak memiliki NIK. “Kemungkinan saat memasukkan data di tingkat atasnya seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga KPU juga bisa, maupun salah memasukkan nomor digit, namun itu juga belum bisa dipastikan,” kata pungkas Nayodo. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply