DPT Berubah Lagi Menjadi 86.904 Pemilih

KOTAMOBAGU– Daftar Pemilih Tetap (DPT) menjelang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu (Pilwako) kembali berubah.
Jika sebelumnya hasil penetapan DPT oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 87.008 pemilih, namun seteleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kotamobagu Timur menemukan seratusan nama ganda, kini total nama dalam DPT sampai saat ini adalah 86.904 pemilih.

“Nama-nama ganda itu sudah dicoret,” ujar Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu Agung Adati, Jumat (14/6).

Dikatakannya, temuan nama ganda ini banyak terjadi di Kelurahan Tumobui, Kecamatan Kotamobagu Timur. Berdasarkan pengurangan angka awal dengan DPT terakhir, maka terdapat 104 nama ganda yang dicoret. Katanya, KPU dan penyelenggara yang berada di bawahnya, tidak mau ambil resiko dengan temuan nama ganda itu. “Nama-nama ganda itu harus di coret dari DPT,” tegas Agung menambahkan.

Meski terjadi pengurangann dalam DPT jelas Agung, hal itu tidak akan berpengaruh terhadap pencetakan surat suara. “Pengurangan tersebut tidak masalah untuk pencetakannya. Yang dikhawatirkan, kalau terjadi penambahan pemilih. Nah, itu tentu akan berpengaruh terhadap jumlah surat suara yang akan dicetak,” jelas Agung.

Seperti diketahui, KPU Kotamobagu melalui pihak ketiga yang ditunjuk telah mencetak surat suara dan kebutuhan lainya untuk hari ‘H’ 24 Juni 2013 nanti. Jumlah surat suara yang dicetak disesuaikan dengan jumlah DPT ditambah 2,5 persen surat tambahan.(*)

Leave a Reply