DPS Pilgub Sulut 2020 Ditetapkan

DPS Pilgub Sulut 2020 Ditetapkan

MANADO – Setelah melalui proses yang panjang sejak pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan oleh PPDP, Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang akan digunakan pada Pilgub Sulut 2020 akhirnya ditetapkan.
Total pemilih Pilgub Sulut dari 15 kabupaten/kota sebanyak 1.828.285 dengan rincian Laki-laki 924.369 orang dan perempuan 903.916 orang. DPS tersebut ditetapkan dalam rapat pleno terbuka, Selasa (15/9) yang dipimpin langsung Ketua KPU Sulut; Ardiles Mewoh. “Kami melakukan pleno pleno rekapitulasi DPS sesuai mekanisme yang diatur berdasarkan ketentuan,” tegasnya.
Ardiles menambahkan, dalam pleno kita beri kesempatan KPU kabupaten/kota membaca penetapan DPS di masing-masing daerah. Kemudian memberi kesempatan partai politik menanggapi dan Bawaslu juga. Jika tak ada persoalan kita sahkan. Itu mekanisme yang ditempu,” jelas Ardiles sambil menambahkan bahwa terkait saran penundaan, pihaknya sudah jelaskan ke Bawaslu dan akhirnya bisa menerima.
“Memang ada kabupaten/kota yang diberi catatan oleh Bawaslu untuk saran perbaikan. Kita sepakat dalam pleno data yang disampaikan Bawaslu akan dicermati setelah ditetapkan DPS. Setelah itu kan ada tanggapan masyarakat menuju pada perubaan DPS,” terangnya.
Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda mengatakan sebenarnya Bawaslu diberikan kewenangan mengawasi seluruh tahapan. “Dalam konteks data pemilih kita memastikan apakah semua proses sudah secara procedural. Bawaslu mengoreksi apabila ada prosedur dan data yang tidak sesuai. Itu membantu proses.”
Herwyn menambahkan pihaknya dapat hasil meski dengan catatan ada tindaklanjut. “Karena waktu yang membatasi. Mudah-mudahan hasil ini akan ditindaklnjuti ke depan, termasuk dinamika akan jadi bahan evaluasi untuk bersama melakukan tugas penyelenggaraan.
Dari 15 kabupaten/kota, lanjut Herwyn, sudah selesai. Hanya ada catatan yakni di Minahasa dan Kotamobagu harus lakukan validasi lagi, verifikasi factual termasuk cek ke dinas karena ada elemen data yang belum terkonfirmasi. “Tapi seluruhnya sudah disetujui Bawaslu dengan catatan. Kita sepakat juga KPU-Bawaslu di semua tingkatan harus koordinasi. Yang paling penting komunikasi dan koordinasi.”
Untuk DPS di Kota Kotamobagu, hasil Rapat Pleno KPU Provinsi Sulut juga sudah menetapkan sebanyak 85.232 pemilih. (***)

Sumber: manadopost.jawapos.com