PLN Hambat Perbaikan DPS

KOTAMOBAGU – Mulai tanggal 20 hingga 28 September 2015 mendatang Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil uji publik diperbaiki oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Saat ini PPS se-Kotamobagu mulai melakukan perbaikan-perbaikan DPS. Bahkan ada beberapa PPS yang sudah memasukkan softcopy maupun hardcopy-nya ke KPU,” kata Yusril Kobandaha, operator sistem informasi data pemilih (Sidalih) KPU Kotamobagu, Selasa (22/0915).

Yusril menjelaskan bahwa pihaknya selama dua hari kemarin, Minggu-Senin (20-21/09/15) tidak bisa bekerja maksimal lantaran pemadaman bergilir yang terjadi di daerah ini.

“Bisa dibayangkan, pemadaman terjadi sejak pukul 09.00 hingga 16.00 wita. Praktis kami di kantor tidak bisa bekerja apa-apa,” tegas Uling, sapaan akrab Yusril kepada media ini.

Dia berharap kepada PLN untuk mempersingkat waktu pemadaman, terutama di sekitar eks Kantor Bupati Bolmong, yang sekarang jadi lokasi kantor KPU Kotamobagu. “Waktu kami untuk memperbaiki DPS sangat singkat, jadi mohon pengertian PLN,” ujar Uling.

Sementara itu, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data informasi, Asep Sabar, menambahkan bahwa sebagaimana jadwal yang ada di PKPU Nomor 2 Tahun 2015, saat ini memasuki tahapan perbaikan DPS termasuk hasil uji publik yang dibuka sejak 10-19 September. Setelah itu tanggal 20-28 dilakukan perbaikan sebelum kemudian ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT).

“Pada tanggal 29-30 September akan dilakukan pleno DPT pada tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kemudian pada tanggal 1-2 pleno DPT untuk tingkat kabupaten/kota,” jelas Asep di ruang kerjanya, Selasa (22/09/15).

Sayangnya Asep belum bisa merinci berapa perubahan pemilih yang terjadi selama uji publik dan tanggapan masyarakat lalu. “Saat ini datanya masih di PPS, jadi belum bisa dirinci. Mudah-mudahan secepatnya akan dikabarkan,” pungkas Asep sambil berharap PLN tidak lagi melakukan pemadaman di eks Kantor Bupati Bolmong atau areal Kantor KPU Kotamobagu hingga Sabtu (26/09/15) mendatang. (**)

Leave a Reply