Home / Berita / DPK Segera Digarap

DPK Segera Digarap

KOTAMOBAGU – Meski hingga kini daftar pemilih tetap (DPT) terus diperbaiki, tahapan penyusunan daftar pemilih khusus (DPK) sudah dimulai.

Dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), DPK adalah susunan nama penduduk warga Negara Indonesia yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih berdasarkan UU yang tidak dan/atau memiliki identitas kependudukan namun tidak terdaftar dalam DPS maupun DPT atau daftar pemilih tambahan.

“Semua itu diatur untuk memberikan jaminan agar pemilih dapat menggunakan pilihnya. Karena itu, sebagai penyelenggara pemilu, KPU harus memiliki daftar pemilih akurat yang memenuhi standar kualitas daftar pemilih,” kata Ketua Divisi Data Informasi, Kampanye, Humas dan Hubungan antar Lembaga KPU Kotamobagu, Asep Sabar, di ruang kerjanya, Senin (27/01/14).

Yang perlu diingat, kata Asep, model pendaftaran pemilih yang digunakan saat ini mengharuskan KPU ‘wajib’ menggunakan data pemilih yang diberikan oleh instansi pemerintah dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). “Amanah UU Pemilu juga demikian tegas bahwa Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD mengharuskan penggunaan sistem pendaftaran yang terstruktur mulai dari daftar pemilih sementara, tetap, khusus dan tambahan, yang didalamnya pemilih harus
memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).”

Intinya, kata Asep, karena yang diberlakukan saat ini bukan lagi model pendaftaran pemilih seperti pemilu sebelumnya, maka yang harus dilakukan KPU adalah pemutahiran daftar pemilih.

“Disini butuh kesadaran para peserta pemilu dan kepedulian para pemilih untuk memeriksakan diri apakah namanya sudah terdaftar di daftar pemilih atau belum, selain petugas PPS dan PPK yang melakukan pendataan di wilayahnya,” jelas Asep sambil menambahkan, untuk DPK Kotamobagu KPU akan segera mengeluarkan surat edaran yang akan disampaikan ke PPS serta PPK.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply