Home / Berita / Disdukcapil Siap Penuhi Kebutuhan Data Pilgub

Disdukcapil Siap Penuhi Kebutuhan Data Pilgub

KOTAMOBAGU – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu berjanji akan memenuhi semua kebutuhan data kependudukan warga Kota Kotamobagu dalam rangka pelaksanaan Pilgub Sulut Tahun 2020.
Menurut Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Kota Kotamobagu; Virgina Olil, selama ini hubungan antara KPU Kota Kotamobagu dengan Disdukcapil Kota Kotamobagu sangat bagus, dan bahkan saling menginformasikan satu sama lainnya bila ada kejanggalan-kejangalan yang terjadi di lapangan, di semua tahapan terkait data pemilih.
“Karena memang yang menyangkut data pemilih selalu ada kaitannya dengan data kependudukan yang ada di Disdukcapil,” kata Gina, sapaan akrab Kadis Dukcapil Kota Kotamobagu saat rapat bersama KPU Kota Kotamobagu terkait data pemilih, Senin (20/07/2020).
Disdukcapil Kota Kotamobagu, kata Gina, juga memberikan waktu penuh bagi suksesnya penyelenggaraan pemilihan umum, baik pemilu maupun pilkada di daerah ini.
“Sudah beberapa kali di setiap penyelenggaraan pemilihan umum kami membuka waktu seluas-luasnya 24 jam, terutama bagi masyarakat yang berusia 17 tahun saat hari H pemungutan suara. Ini sudah kami lakukan sejak empat tahun terakhir.”
Sementara itu KPU Kota Kotamobagu lewat Komisioner yang menangani Divisi Data; Yokman Muhaling, menjelaskan bahwa saat ini tahapan Pilgub Sulut 2020 sudah memasuki tahap pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP). “Pelaksanaan coklit akan berlangsung hingga tanggal 13 Agustus 2020 mendatang. Mudah-mudahan tidak akan ada persoalan di lapangan. dan kalaupun ada kami akan berkoordinasi dengan Disdukcapil.”
Hal yang sama juga disampaikan Komisioner Asep Sabar yang juga pernah mengelola data pemilih KPU Kota Kotamobagu. Menurut dia sejak beberapa tahun lalu Disdukcapil selalu merespon apa-apa yang dibutuhkan oleh KPU Kota Kotamobagu dan selalu ada solusi.
“Sekarang semua terpulang ke KPU Kota Kotamobagu apakah mau berkoordinasi dengan Disdukcapil, apalagi Kadis sudah membuka selebar-selebarnya sarana koordinasi terkait data pemilih.
Hadir di acara rapat tersebut seluruh pimpinan KPU Kota Kotamobagu Iwan Manoppo (Ketua), Zulkifli Kadengkang, Adrian Herdi Dayoh, Frans T Manoppo (Sekretaris) beserta para Kasubag. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Lindungi Data Pribadi Pemilih, KPU Larang Hal Ini

KOTAMOBAGU – Mengambil semangat perlindungan data pribadi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengubah beberapa …