Debat Paslon Dipastikan Senin Besok

Debat Paslon Dipastikan Senin Besok

KOTAMOBAGU – Debat publik pasangan calon (paslon) pemilihan walikota dan wakil walikota Kotamobagu dipastikan akan digelar Senin (16/04/18) besok.
Kepastian ini disampaikan langsung Ketua KPU Kota Kotamobagu, Nova Tamon, saat melakukan pertemuan dengan para penelis, pasangan calon yang akan tampil pada debat besok dan Kapolres Bolmong.
“Memang, sebelumnya diagendakan acara debat digelar pada Sabtu kemarin, tapi ternyata tanggal tersebut merupakan hari besar keagamaan, makanya ditunda Senin besok,” tegas Nova diiyakan empat komisioner lainnya; Asep Sabar, Iwan Manoppo, Amir Halatan dan Ridwan Kalauw di ruang kerjanya.
Menurut Nova, pihak KPU Kota Kotamobagu sudah mengundang para penelis untuk membahas rundown acara debat yang akan dipandu oleh moderator. “Moderatornya adalah Angie Kuntag, wartawan Kompas TV Biro Manado. Nanti dia yang akan memandu debat.”
Di bagian lain, Iwan Manoppo yang juga penanggungjawab kegiatan menambahkan bahwa pada sesi pertama debat ini KPU Kota Kotamobagu menghadirkan para panelis antara lain Prof. Dr. Ir. Umar Paputungan, MSi, Prof. Dr. Ir. Trina Tallei, Dr. Ir. Ridwan Lasabuda, MSi dan Dr. Ir. Agus Supandi, MSi yang merupakan dosen serta guru besar di Universitas Sam Ratulangi Manado.
“Untuk debat sesi kedua berikutnya akan digelar pada awal bulan Mei mendatang, tentunya dengan panelis yang berbeda. Intinya mereka akan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepada para pasangan calon sesuai dengan latarbelakang akademiknya,” tambah Iwan.
Terkait dengan kesiapan debat Senin besok, Iwan menambahkan bahwa KPU Kota Kotamobagu memang membatasi jumlah tim kampanye dari masing-masing pasangan calon. “Ini untuk menjaga agar pelaksanaan debat bisa berjalan dengan lancar.”
Untuk masyarakat pendukung pasangan calon dipersilakan untuk menyaksikan livestreaming yang akan ditayangkan di facebook maupun youtube.
“Bahkan kami juga akan merelay pelaksanaan debat di radio lokal. Karenanya tidak perlu berdesak-desakan datang ke lokasi debat di DPRD Kota Kotamobagu yang kondisinya memang sangat terbatas untuk menampung banyak orang. Dalam rapat sudah disepakati masing-masing tim membawa tim pendukung sebanyak 65 orang saja.”
Kapolres Bolmong Gani Siahaan menegaskan pihaknya akan menindak tegas siapa saja yang akan mengganggu kelancaran jalannya debat, di dalam maupun di luar gedung. “Sudah ada kesepakatan tidak ada konsentrasi massa di luar Gedung, karena tim paslon sudah menambah tim pendukung di dalam Gedung dari 30 orang menjadi 65 orang. Jadi tidak ada alasan untuk melakukan konvoi massa.” (**)