Home / Berita / Dayoh Lengkapi Personil KPU KK

Dayoh Lengkapi Personil KPU KK

KOTAMOBAGU – Adrian Herdy Dayoh akhirnya resmi dilantik Ketua KPU RI, Arief Budiman, sebagai anggota KPU Kota Kotamobagu (KK) Periode 2018-2023 setelah sebelumnya sempat dipending lantaran ada pengaduan dari berbagai kalangan.

Menurut Dayoh, ia dilantik bersamaan dengan beberapa daerah yang juga menggelar acara Pelantikan KPU Kabupaten/Kota Periode 2018-2023. “Ada beberapa daerah yang sempat dipending dan kemarin dilantik sama-sama saya,” kata Dayoh kepada beberapa media, Rabu (07/11/18).

Kejadian penundaan pengambilan sumpah seperti yang dialami Dayoh bukanlah hal baru bagi KPU RI dalam melaksanakan tahapan Rekrutmen KPU di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Bahkan daerah-daerah seperti Kota Manado (Sulawesi Utara), Kabupaten Majene (Sulawesi Selatan) dan daerah lain juga mengalami dimana anggota KPU-nya sempat dipending saat akan diambil sumpah.

“Maksud dan tujuan KPU RI mempending atau menunda pengambilan sumpah tersebut sebenarnya baik, dalam rangka klarifikasi atas masuknya tanggapan masyarakat maupun pihak lain. Ini juga dianggap penting agar hasil yang diperoleh dalam tahapan rekrutmen KPU bisa diterima semua pihak,” jelas Dayoh.

Dayoh sendiri dilantik bersama 56 Anggota KPU dari beberapa kabupaten/kota di Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Saat pelantikan, Ketua KPU RI Arief Budiman berpesan  agar seluruh anggota yang baru dilantik mempedomani prinsip kerja KPU yang sudah dibangun.

Informasi yang diperoleh media ini, saat ini Dayoh sedang menjalani Masa Orientasi Tugas atau Pembekalan selama tiga hari di Jakarta. “Kegiatan tersebut diwajibkan bagi anggota KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang sudah resmi dialbil sumpahnya, sebelum menjalankan tugas di daerah masing-masing,” ujar Dayoh.

Dayoh berjanji akan menjalankan tugas dengan penuh penuh tanggungjawab, berintegritas, transparan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan menjaga soliditas, demi demokrasi Pancasila tercinta serta dalam setiap pengambilan keputusan harus melalui mekanisme rapat pleno.

“Kita dipilih melalui proses panjang dengan penuh kehati-hatian dan teliti serta pertimbangan yang tinggi demi menghasilkan para komisioner KPU yang bermartabat dan berkwalitas serta berintegritas,” pungkas aktivis GMNI Kota Kotamobagu ini. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …