Home / Berita / Data Pemilih Pilpres Diseriusi

Data Pemilih Pilpres Diseriusi

KOTAMOBAGU – Tuntas menggelar pleno rekapitulasi suara pemilu legislatif (pileg), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu mulai disibukkan kembali penyusunan daftar pemilih yang akan digunakan pada pemilihan presiden (pilpres) 9 Juli mendatang.

Menurut Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data informasi, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan agenda pertemuan dengan panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) sekaligus bimbingan teknis (bimtek) terkait penyusunan data pemilih pilpres 2014.

“Rencananya dalam sehari dua kami akan undang mereka, sekaligus evaluasi kinerja pada pelaksanaan pileg kemarin,” kata Asep di ruang kerjanya, Sabtu (26/04/14).

Sebagaimana regulasi, daftar pemilih yang akan digunakan pada pilpres nanti adalah mereka yang tercatat pada daftar pemilih tetap (DPT), DPT Tambahan, daftar pemilih khusus (DPK) dan DPK Tambahan. “Bahkan akan ditambah lagi dengan pemilih pemula yang jumlahnya ribuan di Kotamobagu ini,” kata Asep.

Untuk itu, lanjut Asep pihaknya meminta kepada PPS dan PPK untuk benar-benar mencermati daftar pemilih ini dengan baik, sebagaimana yang sudah dilakukan pada pileg kemarin. “Ini penting agar jangan ada lagi mereka yang tidak terdaftar atau menggunakan identitas pada saat pemungutan suara. Jadi harus benar-benar valid. Tapi jika memang tidak didapati bisa saja pemilih tersebut dicoret dengan diberikan keterangan.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply