Home / Berita / Damainya Pemilu Damai

Damainya Pemilu Damai

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Deklarasi dan Kampanye Damai partai politik (parpol) peserta pemilu 2014 yang digelar serentak secara nasional di Kotamobagu berjalan lancar.

Berbeda dengan kegiatan yang sama di daerah lainnya di Indonesia, di Kotamobagu justru digelar beberapa atraksi menarik dari pemilih pemula, diantaranya ketangkasan bermotor, marching band dan dancer kreatif. “Semua itu ditampilkan dalam rangka sosialisasi tentang pentingnya memilih bagi para pemilih pemula,” tegas Iwan Manoppo, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi sosialisasi.

Kata Iwan, sosialisasi tidak selamanya dilakukan di ruangan dengan berdiskusi atau presentasi, justru dengan pergelaran kesenian juga bisa dilakukan sosialisasi mengapa kita harus memilih pada pemilihan umum. “Apalagi untuk mereka yang tercatat sevagai pemilih pemula, maka penerapan sosialisasinya harus lebih ringan dan santai,” kata Iwan di ruang kerjanya, Minggu (16/03/14).

Deklarasi dan Kirab/Pawai Kampanye Berintegritas yang digelar Sabtu (15/03/14) kemarin bertema “Suara untuk Indonesia”. Kegiatan itu sendiri akan menjadi tonggak sejarah bagi perjalanan bangsa Indonesia, sekaligus merupakan prasasti ikrar seluruh parpol peserta Pemilu 2014 untuk berkampanye dalam semangat persatuan dan persaudaraan.

Karena itu dalam kegiatan tersebut pimpinan parpol sudah mendeklarasikan diri untuk menciptakan Pemilu yang aman, tertib, damai, berkualitas dan berintegritas demi terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahkan mereka juga sudah menegaskan sikapnya mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil demi menjunjung nilai-nilai demokratisasi Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar1945.

Yang menarik saat kirab yang dilepas langsung Walikota Kotamobagu, Tatong Bara, ribuan warga Kotamobagu turun jalan menyaksikan iring-iringan kendaraan dari 12 parpol peserta Pemilu 2014 dengan beraneka ragam model hiasan.

“Ini merupakan ajang kreatifitas partai politik dan juga sebagai bentuk kesiapan partai untuk dapat mengikuti kampanye sesuai dengan ikrar deklarasi,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu.

Walikota saat melepas kirab berpesan agar apa yang sudah diikrarkan untuk dipatuhi dan diimplementasikan pada pelaksanaan pemilu. “Ini penting agar tercipta kesinambungan pembangunan dan tidak terjadi konflik antar warga dan pendukung.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply