Home / Berita / Dalih Hasil Coklit Disusun

Dalih Hasil Coklit Disusun

KOTAMOBAGU – Mulai Kamis (20/08/15) hari ini hingga Rabu (26/08/15) mendatang, data pemilih (dalih) hasil pencocokan dan penelitian (coklit) Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), akan disusun.

“Sesuai tahapan, sebagaimana Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2015, selesai coklit akan dilanjutkan dengan penyusunan dalih hasil pemutakhiran,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data pemilih di ruang kerjanya, Kamis (20/08/15).

Menurut Asep, runutannya setelah tahapan coklit, PPDP berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terkait hasil kerja yang dilakukan oleh PPDP. Tahapan itu sudah dilakukan sejak tanggal 18-19 Agustus kemarin.

“Di forum konsultasi itu, sesama PPDP berkoordinasi terkait beberapa hal yang terjadi di lapangan. Misalnya, terkait dengan pemilih yang pindah domisili; baik antar RT, RW, maupun lingkungan dalam satu desa/kelurahan, kemudian pindah tempat pemungutan suara (TPS) dalam satu desa/kelurahan dan lain-lainnya.”

Nah, dari hasil rapat konsultasi tersebut PPS menyusun dan menghitung keseluruhan jumlah pemilih yang berhasil dicoklit. “Selain dan pemilih pemula maupun pemilih baru, semuanya ditotal jumlah perdesa/kelurahan. Termasuk pemilih meninggal, ganda, sulit dihubungi serta disabilitas, semuanya dicatat oleh PPS dan dimasukkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” jelas Asep.

Ketika ditanya bagaimana perkembangan pemilih baru jelang pelaksanaan Pilgub Sulut Tahun 2015 ini, Asep menyatakan pihaknya masih menunggu rekapan yang akan dilakukan oleh PPK mulai hari ini.

“Kami belum bisa memastikan karena memang belum menerima salinannya. Sebab seluruh datanya masih berada di tangan PPS. Nanti setelah rekap PPK baru bisa dilihat.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply