Home / Berita / DAK2 Kota Kotamobagu 122.308 Orang

DAK2 Kota Kotamobagu 122.308 Orang

KOTAMOBAGU – Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) di Kota Kotamobagu tercatat sebanyak 122.308 Orang.
Sebagaimana diketahui, menurut Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan data, DAK2 merupakan data awal yang akan dikelola oleh KPU dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018.
“DAK2 tersebut nantinya akan dianalisis serta dimutakhirkan untuk kemudian dijadikan Daftar Pemilih Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) serta Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan digunakan pada pemilihan walikota dan wakil walikota Kotamobagu yang sekarang sudah berjalan tahapannya,” tegas Asep.
Nah, tahapan terkait pemutakhiran data pemilih sendiri, jelas Asep, sudah ditetapkan dalam Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2017 yang kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan KPU Kota Kotamobagu terkait pemutakhiran daftar pemilih. “Analisis dan Sikorinisasi DAK2 tersebut akan mulai dilakukan pada November-Desember 2017 mendatang,” kata Asep kepada media ini di ruang kerjanya, Senin (07/08/17).
Dari jumlah total 122.308 orang tersebut, sebanyak 62.822 orang adalah laki-laki, sedangkan perempuan sebanyak 59.486 orang. “Angka tersebut kami unduh dari portal system data pemilih (sidalih). Dan sudah pasti akan mengalami perebuah saat sinkronisasi serta pemutakhiran nanti,” sambung Asep.
Di bagian lain, KPU Kota Kotamobagu juga sudah mendapat informasi terkait hasil perekaman KTP Elektronik bagi warga wajib pilih. “Minggu kemarin Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sudah menginformasikan bahwa wajib pilih yang sudah merekam KTP Elektronik sebanyak 91.063 orang. Untuk per Juli 2017 sebanyak 81.072 orang. Dan, total yang belum merekam sebanyak 9.991 orang atau sekitar 12 persen saja,” pungkas Asep. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …