Home / Berita / Daftar Pemilih Mulai Disusun

Daftar Pemilih Mulai Disusun

KOTAMOBAGU – Pertanggal 3 Juni 2015 ini Daftar Pemilih (DP) untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara, mulai disusun.

“DP akan dimulai dengan penyerahan Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) yang secara simbolis dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri ke KPU RI,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data pemilih di ruang kerjanya, Rabu (03/06/15).

Daftar Pemilih, menurut Asep, merupakan bagian penting dari suksesnya pelaksanaan pilkada, sebagaimana Pemilu kemarin.

“Karena itu penyusunannya pun melalui beberapa tahap. Setelah diserahkan ke KPU, DP4 tersebut nantinya akan dianalisis dengan daftar pemilih Pilpres 2014. Setelah diumumkan, DP4 hasil analisis itu akan digunakan KPU dalam menyusun daftar pemilih pilkada.”

Yang menarik dalam penyusunan DP kali ini, masih kata Asep, ada tahapan tanggapan warga. “Masyarakat diberikan kesempatan untuk mengoreksi daftar pemilih, termasuk yang belum terdaftar atau warga yang teridentifikasi lain seperti pindah domisili, sudah meninggal dan lain-lainnya.”

Terkait dengan DP, lanjut Asep, KPU Kotamobagu jauh-jauh hari sudah menginstruksikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk turun langsung ke rumah-rumah penduduk bersama RT maupun RW untuk melakukan pendataan warga.

“Kegiatan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kinerja PPK dan PPS di Kota Kotamobagu. Mereka diwajibkan memasukkan laporannya perminggu.”

Kebijakan tersebut diambil KPU Kotamobagu mengingat mobilitas pemilih yang dinamis. “Jadi kami minta PPK dan PPS terus memantau perkembangan pemilih di daerahnya masing-masing, termasuk pemilih pemula. KPU akan terus memberi ruang kepada pemilih yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih yang nantinya akan disusun.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply