Home / Berita / Daftar Pemilih Dimutakhirkan

Daftar Pemilih Dimutakhirkan

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu tak mau kecolongan pada pemilihan presiden (pilpres), terutama terkait dengan daftar pemilih.

“Pada pemilu legsialtif kemarin angka partisipasi politik terlihat menurun dari tahun sebelumnya, padahal yang terjadi banyak data ganda di daftar pemilih yang digunakan. Karena itu di pemilihan presiden (pilpres) harus benar-benar valid,” kata Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data.

Kata Asep, KPU Kotamobagu sudah mengidentifikasi pemilih ganda, pemilih pemula dan K1-K2 yang jumlahnya mencapai ribuan. Karenanya, KPU terus melakukan verifikasi dan memutakhirkan daftar pemilih menjelang pilpres. “Daftar pemilih yang diverifikasi adalah daftar pemilih tambahan yang diserahkan pemerintah,” ujar Asep.

Verifikasi dilakukan untuk mencegah adanya daftar pemilih ganda dan supaya seluruh pemilih yang sudah memenuhi syarat untuk menjadi pemilih dapat terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT). “Mungkin saja nanti ditemui sejumlah nama yang tidak ada pada tempatnya. Mungkin ada penambahan pemilih bahwa mereka sudah menikah, sudah 17 tahun, baru pindah ke daerah itu. Juga belum terdaftar dalam pileg kemarin,” ujar Asep.

Pada media ini Asep menjelaskan bahwa pihaknya sudah meminta kepada PPS dan PPK sejak akhir April lalu. “Rata-rata satu desa atau kelurahan mendapatkan pemilih tambahan sebesar 40 orang. Jelas ini tidak sedikit dan harus dicermati benar-benar.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply