Home / Berita / Calon Perseorangan Minimal Kantongi 8.273 Dukungan

Calon Perseorangan Minimal Kantongi 8.273 Dukungan

KOTAMOBAGU— Calon perseorangan yang akan maju dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kotamobagu wajib mengantongi dukungan sebanyak 8.273 dukungan. Jumlah dukungan itu diperoleh dari syarat 6,5 persen Data Agregat Kependudukan (DAK2) Kotamobagu sebanyak 127.270 jiwa.

Aturan pencalonan melalui jalur perseorangan diatur dalam Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2012. Bakal pasangan calon perseorangan minimal harus didukung 6,5 persen dari jumlah penduduk. Jumlah dukungan itu harus tersebar di lebih 50 persen, yakni minimal tersebar di tiga dari empat kecamatan yang ada di Kotamobagu.

“Berdasarkan data agrerat kependudukan, jumlah penduduk kotamobagu mencapai 127.270 jiwa. Bila syarat 6,5 persen dipenuhi, maka dukungan yang wajib dikumpulkan calon perseorangan minimal 8.273 dukungan. Kemudian, dukungan yang dibuktikan dengan KTP harus tersebar di minimal tiga kecamatan. “Dukungan harus dibuktikan dengan KTP atau identitas lainnya, dan calon perseorangan harus memasukkan surat dukungan yang ditandatangani pemberi dukungan,” kata anggota KPU Rubiyanto Suid.

Menurut Suid saat memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kotamobagu, di Aula Restoran Lembah Bening, kemarin, verifikasi data dukungan calon perseorangan dilakukan dua tahap, yakni verifikasi administratif dan verifikasi faktual. “Ini harus dilakukan oleh PPS kemudian diteliti lagi oleh PPK,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kotamobagu Muhammad Agung Adati ST MSi mengatakan, pengumuman dan/atau penyerahan dokumen dukungan calon perseorangan kepada KPU Kotamobagu mulai dibuka Sabtu 9-13 Februari 2013. “Kepada kandidat yang akan maju melalui calon perseorangan bisa mengambil formulir di KPU Kotamobagu,” kata Agung.(*)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply