Home / Berita / Calon Gugur Bila Tak Penuhi Syarat Sehat

Calon Gugur Bila Tak Penuhi Syarat Sehat

KOTAMOBAGU— Jika tidak ditemukan disabilitas (gangguan kesehatan), maka calon dinyatakan memenuhi syarat secara kesehatan jiwa dan jasmani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai wali kota dan wakil wali kota. Sebaliknya, satu saja disabilitas, maka calon dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Itu sudah jelas. Salah satu syarat saja tidak terpenuhi dalam pemeriksaan kesehatan, maka calon langsung dinyatakan gugur,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu Nayodo Koerniawan, kemarin.

Sebagaimana penjelasan tim dokter yang diketuai Dr BJ Waleleng SpPD-KGEH, Nayodo mengatakan ada sekira 10 poin pemeriksaan kesehatan. Yakni, kesehatan jiwa, sistem saraf, sistem jantung, sistem pernafasan, penglihatan, Telinga Hidung Tenggorokan (THT), sistem hati dan pencernaan, sistem urogenital (ginjal dan saluran kemih), sistem muskuloskeletal (alat gerak) dan kanker. “Itu umumnya saja, tetapi dalam pemeriksaan kesehatan nanti, banyak item yang akan diperiksa. Itu lebih diketahui tim dokter,” ujarnya.

Komplitnya pemeriksaan kesehatan, Nayodo mengharapkan semua calon bisa menghadiri semua tahapan pemeriksaan kesehatan. Dimulai dengan mendengarkan penjelasan dari tim dokter yang dimulai Senin (22/4). “Ini sangat penting, kami harapkan semua pasangan calon sudah berada di Manado pada Minggu (21/4),” tegasnya.(*)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply