Home / Berita / Caleg Terpilih Minta Percepat Proses

Caleg Terpilih Minta Percepat Proses

KOTAMOBAGU – Calon legislator (Caleg) terpilih DPRD Kotamobagu hasil pemilu legislatif (pileg) 2014 Sabtu (05/07/14) berkumpul di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu.

Selain memenuhi undangan KPU terkait sosialisasi pemilihan presiden dan wakil presidan (Pilpres) serta nonton bareng debat capres mereka mempertanyakan tahapan Pileg pasca penetapan calon dan kursi DPRD Kotamobagu.

“Sebaiknya pihak pemerintah daerah sudah mengurus berkas caleg terpilih ke provinsi, meski dalam tahapan belum masuk kesitu,” kata salah seorang dari mereka.

Menurut dia, di daerah-daerah lain bahkan pemerintah daerah sudah membentuk panitia pelantikan yang bertugas mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan kesiapan caleg terpilih untuk dilantik.

“Sayangnya di Kotamobagu belum terdengar hal ini. Bahkan DPRD Kotamobagu yang sekarang ini belum diajak untuk membahas hal itu.”

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, mengatakan pihaknya sudah meminta kepada para caleg terpilih untuk melengkapi data dan adminsitrasi lain terkait daftar calon, terutama yang belum lengkap.

“Ini penting agar nanti ketika didaftarkan di provinsi atau pusat tidak ada lagi persoalan dengan data caleg terpilih,” kata Nayodo diiyakan Aditya Tegela, komisioner yang membidangi hukum dan pengawasan.

Untuk saat ini, masih kata Nayodo, tahapannya adalah penyusunan laporan penyelenggaraan pemilu, penyusunan dokumen, pelaporan keuangan dan pengelolaan arsip oleh KPU.

“Terkait dengan persoalan caleg terpilih sepenuhnya ada ditangan pemerintah daerah. KPU hanya membantu apa-apa yang dibutuhkan.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply