Home / Berita / Caleg Terpilih Galau

Caleg Terpilih Galau

KOTAMOBAGU – Laporan Dana Kampanye (LDK) hasil audit beberapa kantor akuntan publik ternyata disclaimer.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, pada acara penyerahan hasil audit laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye parpol peserta pemilu di Senator Hotel, Senin (02/06/14). “Jumat kemarin kami diundang KPU Provinsi untuk menerima LDK tersebut. Dan sebagaimana UU Nomor 8/2012 kami diminta untuk memberitahukan kepada parpol terkait LDK hasil audit,” kata Nayodo yang kemarin didampingi Nova Tamon, Asep Sabar dan Aditya Tegela.

Dalam kesempatan itu Nayodo sempat membeberkan bahwa saat audit pihak akuntan public mendapati beberapa temuan seperti kekurangan laporan dan prosedur selang 11 Januari-17 April 2014. “Bahkan pihak auditor yang berasal dari Ikatan Akuntan Publik (IAI) menyatakan tidak berpendapat atas laporan LDK tersebut. Ini artinya LDK parpol di Kotamobagu disclaimer karena memang tidak direkomendasikan layak atau tidak,” jelas Nayodo.

Nah, lantaran itu KPU Kotamobagu tidak dapat mengintervensi hasil audit ini, karena sepenuhnya merupakan kewenangan kantor akuntan publik. “Untuk itu kami masih harus melakukan konsultasi secara berjenjang terkait nasib caleg terpilih. Misalnya apakah kemudian hasil audit ini memiliki konsekuensi terhadap penetapan atau pelantikan calon terpilih, ataukah hanya berupa sanksi moral bagi parpol. Ini yang kami akan konsultasikan,” ujar Nayodo.

Diakhir acara dilakukan penyerahan LDK kepada masing-masing parpol peserta pemilu 2014 dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Hadir pada acara itu Panwaslu yakni Agus I. Paputungan dan Ivan Tandayu, dan PPK se-Kotamobagu. Bahkan caleg terpilih tampak diantara peserta rakor kemarin yakni Agus Suprijanta, Jusran Mokolanot dan Dani Ikbal Mokoginta yang nampak galau dengan hasil audit tersebut. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply