Home / Berita / Caleg Langgar Aturan

Caleg Langgar Aturan

KOTAMOBAGU – Para peserta pemilihan umum (pemilu) 2014 di Kotamobagu terindikasi banyak yang melanggar aturan, terutama dalam hal pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Apalagi jumlahnya sangat banyak dan tersebar di beberapa desa serta kelurahan. Sudah begitu ada sebagian APK calon legislatif (caleg) yang pemasangannya menggunakan paku di pohon-pohon. Selain itu penertiban secara besar-besaran hingga kini belum juga dilakukan oleh pemerintah daerah.

Rudi (25), warga Kotamobagu Utara, Rabu (15/01/14)menyayangkan banyak alat peraga kampanye dipasang, tempatnya tidak sesuai aturan. “Setahu saya, alat peraga kampanye tak boleh dipaku di pohon. Tapi kenyataannya disini banyak di pasang di pohon. Mereka itu calon, tapi sayangnya tidak memberikan contoh kepada masyarakat,” tegasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu sendiri mencatat ada puluhan caleg tidak mematuhi peraturan yang mengatur tentang pemasangan alat peraga sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Anggota DPR, DPD, dan DPRD.

Ketua Divisi Hukum, Pengawasan, dan Teknik Penyelenggara KPU Kotamobagu, Aditya Tegela mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Panwaslu dan pemerintah daerah untuk membereskan APK yang sudah menyalahi aturan tersebut. “KPU mengingatkan para caleg terkait ketentuan pemasangan alat peraga sesuai PKPU Nomor 15 Tahun 2013,” tegas Aditya. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …