Home / Berita / Caleg KK Habiskan 1,541 Miliar

Caleg KK Habiskan 1,541 Miliar

KOTAMOBAGU – Setelah dilakukan perekapan oleh KPU Kotamobagu, total dana kampanye yang dihabiskan oleh para calon legislative di daerah ini selang waktu sepuluh bulan hanya Rp. 1,541 miliar saja.

Menurut Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, Hukum dan Pengawasan KPU Kotamobagu, angka tersebut diperoleh dari laporan dana awal kampanye (DAK) yang diserahkan seluruh partai politik peserta Pemilu 2014 di Kotamobagu. “Setelah dijumlahkan ternyata pengeluaran para caleg masih sedikit,” kata Aditya yang kemarin ditemani komisioner lainnya Asep Sabar dan operator Yusril Kobandaha.

Aditya menambahkan, bisa jadi angka tersebut akan bertambah pada laporan DAK tahap kedua. “Mengingat memasuki 2014 ini para calon legislatif mulai mendekati konstituen dan pasti akan habis-habisan dengan sumberdaya yang dimilikinya. Apalagi waktu pemungutan suara hanya tinggal 93 hari lagi.”

Dari data yang diterima KPU Kotamobagu, sumbangan partai politik ternyata sangat minim hanya Rp. 3.100.000. Demikian pula dengan sumbangan perorangan sebesar Rp. 8.500.000. Yang paling besar adalah bantuan berupa barang yang mencapai Rp. 44.725.000. “Data tersebut nanti bisa dilihat langsung di website KPU Kotamobagu dan dirinci per partai,” tambah Aditya.

Dan, masih kata Aditya, pada Januari nanti data ini akan langsung dikirimkan ke Jakarta untuk menjadi bahan masukan bagi KPU secara nasional. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …