Home / Berita / Bimtek Serentak PPDP

Bimtek Serentak PPDP

KOTAMOBAGU – Selasa (14/06/2020) hari ini para Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara (Pilgub Sulut) Tahun 2020 mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang digelar oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) serentak se-Kota Kotamobagu.
“Keserentakan bimtek hari adalah harinya, yaitu hari Selasa ini. Hanya jamnya saja yang berbeda-beda,” kata Iwan Manoppo, Ketua KPU Kota Kotamobagu didampingi anggota; Asep Sabar, Yokman Muhaling, Zulkifli Kadengkang dan Adrian Herdi Dayoh, di kantornya.
Pada hari ini juga, tambah Iwan, KPU Kota Kotamobagu sementara melanjutkan Rapid Test Covid-19 susulan bagi para calon PPDP pengganti. “Ada beberapa calon PPDP yang diputuskan untuk tidak lagi memenuhi syarat (TMS) lagi. Alasannya ada yakni usia yang melampaui batas maupun tidak mencukupi, keikutsertaan di sistem informasi partai politik (sipol) dan hasil Rapid Test,” kata Iwan diiayakan lainnya.
Yang pasti, lanjut Iwan, semua calon PPDP yang akan ditetapkan nanti harus sudah selesai dengan persyaratan tersebut. “Sehingga saat menjalankan tugasnya tidak ada lagi persoalan di lapangan, terutama yang terkait dengan hasil Rapid Tes. Mereka yang akan turun mulai besok dinyatakan sudah steril dari Covid-19, sebagaimana hasil pemeriksaan dari RSUD Pobundayan Kotamobagu.”
Nah, untuk memantau perkembangan pelaksanaan Bimtek tersebut, hari ini KPU Kota Kotamobagu juga melakukan monitoring ke beberapa PPS yang ada di empat kecamatan se-Kota Kotamobagu.
“Sementara agenda besok hari adalah peresmian atau pelantikan PPDP yang dilanjutkan dengan Apel Akbar sekaligus launching Coklit Serentak Nasional 2020 yang akan dilakukan oleh KPU RI melalui media daring,” kata Yokman Muhaling, penanggungjawab Coklit Pilgub Sulut 2020.
Terkait Coklit, salah seorang anggota KPU Kota Kotamobagu; Asep Sabar, berharap para pemilih yang ada di Kota Kotamobagu bisa dengan senang hati menerima serta wellcome terhadap kehadiran PPDP yang mengunjungi rumah-rumah pemilih. Mereka dalam menjalankan tugasnya dibekali dengan alat pelindung diri (APD) berupa masker, sarung tangan, faceshield, dan hand sanitizer.
“Mereka (PPDP, red) sudah menjalani Rapid Tes yang digelar KPU Kota Kotamobagu sebagai prasyarat menjadi penyelenggara Pilgub Sulut 2020. Itu artinya PPDP Pilgub 2020 sudah bebas Covid-19 atau steril. Pemilih bisa mengingatkan PPDP yang datang tanpa dilengkapi APD. Tidak ada alasan untuk tidak menggunakan APD saat mencoklit ke rumah-rumah pemilih,” pungkas Asep. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …