Home / Berita / Bimtek, PPS Wajib Kerjakan Soal

Bimtek, PPS Wajib Kerjakan Soal

KOTAMOBAGU – Ada keunikan yang dilakukan pada bimbingan teknis (bimtek) bagi para penyelenggara pilpres oleh KPU Kotamobagu, Sabtu (28/06/14) kemarin.

“Berbeda dengan bimtek sebelum-sebelumnya yang diikuti, untuk kali ini kami diberikan semacam soal pengisian rekap suara hasil pemungutan suara,” kata Masrul Mokoginta, PPS Kelurahan Kotamobagu, kecamatan Kotambagu Barat.

Menurut Mokoginta, praktek semacam ini memang baik, karena pada hari H pemungutan suara pemiliu presiden dan wakil presiden (pilpres) nanti PP juga harus melakukan rekap setelah mendapat rekapan dari KPPS. “Karena itu kami harus benar-benar memperhatikan praktek pengisian rekap yang diberikan oleh KPU Kotamobagu.”

Sementara itu, Yusril Kobandaha, operator sistim data pemilih (sidalih) KPU Kotamobagu mengatakan bahwa pengalaman selama pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) banyak kesalahan justru pada pengisian rekap suara, dan ini membuat banyak kalangan dibuat pusing. “Karena angka-angka yang tertera dalam formulir rekap harus sama antara satu dengan lainnya, tidak boleh ada yang berbeda. Kalau berbeda berdampak pada hasilnya,” kata Uling, sapaan akrab Yusril.

Karena itu, masih kata Uling, bimtek yang digelar kepada PPK, PPS dan KPPS difokuskan pada praktek dan latihan pengisian rekap suara hasil pemungutan suara, ketimbang teori-teori lainnya. “Mereka tidak focus dan tidak serius kalau banyak bicara dan materi. Jadi lebih baik langsung diberikan studi kasus sebagai soal praktek.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply