Home / Berita / Besok Start Verifikasi Faktual Parpol di Kotamobagu

Besok Start Verifikasi Faktual Parpol di Kotamobagu

-kpukotamobagu.web.id- Sehubungan dengan selesainya pelaksanaan verifikasi administrasi parpol calon peserta Pemilu Tahun 2014 yang akhirnya meloloskan 16 partai maka tahap selanjutnya dilanjutkan dengan tahapan verifikasi faktual di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

KPU Kotamobagu yang menjadi kepanjangan tangan dari Komisi Pemilihan Umum sesuai undang-undang mempunyai kewajiban melaksanakan verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota. KPU Kotamobagu melaksanakan verifikasi faktual dengan cara mengecek kebenaran dari kepengurusan parpol, keterwakilan 30% perempuan dari seluruh kepengurusan, dan domisili kantor parpol, serta melakukan verifikasi keanggotaan parpol.

Menurut Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2012, verifikasi faktual tahap I dimulai pada 30 Oktober 2012 s/d 24 November 2012, pemberitahuan hasil verifikasi faktual tahap I tanggal 25 s/d 26 November 2013, perbaikan tanggal 27 November 2012 s/d 3 Desember 2012, dan untuk verifikasi faktual tahap II tanggal 4 s/d 17 Desember 2012.

Untuk KPU Kotamobagu baru akan melaksanakan verifikasi faktual yang dibagi dalam 4 Tim Verifikasi. Tim Verifikasi Faktual I yang diketuai oleh Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Kerniawan meliputi Partai GOLKAR, PKS, Partai Demokrat, PBB. Tim Verifikasi Faktual II yang diketuai oleh Nova R. Tamon, ST meliputi PDIP, PDP, PPP, PPRN. Tim Verifikasi Faktual III yang diketuai oleh Robiyanto Suid, S. Hut meliputi PAN, Partai HANURA, Partai GERINDRA, PKPI. Tim Verifikasi Faktual IV yang diketuai oleh Meity M. Mokoginta, S. Hut, MSi meliputi Partai NASDEM, PKBIB, PKB, PPN.

Undangan kepada Partai Politik telah disampaikan ke-16 pengurus parpol yang ada di tingkat Kota kotamobagu pada Hari Senin, 5 November 2012. Pelaksanaan verifikasi faktual di tingkat Kota Kotamobagu sendiri baru akan dilaksanakan perdana pada Hari Kamis, 8 November 2012. Hari Kamis, 8 November 2012 adalah Partai GOLKAR, PDIP, PAN, Partai NASDEM. Hari Jumat, 9 November adalah PKS, PPRN, Partai GERINDRA, PKB. Hari Sabtu, 10 November 2012 adalah Partai Demokrat, PPP, Partai HANURA, PKB. Senin, 12 November 2012 adalah PBB, PDP, PKPI, PPN.

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply