Home / Berita / Besok Sosialisasi Pemilu 2019

Besok Sosialisasi Pemilu 2019

KOTAMOBAGU – Untuk meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat pada pemilihan umum (pemilu) tahun 2019, KPU Kota Kotamobagu akan menggelar sosialisasi yang dirangkaikan dengan pergelaran budaya lokal.
“Acara Sabtu besok, lokasi di halaman eks Kantor Bupati Bolmong, mulai pukul 09.00 wita sampai selesai,” tegas Iwan Manoppo, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang juga penanggungjawa kegiatan, di kantornya Jumat (20/04/18).
Menurut Iwan, KPU Kota Kotamobagu akan mengundang sanggar-sanggar seni yang ada di daerah ini untuk ikut terlibat mensosialisasikan Pemilu 2019.
“Langkah itu dilakukan karena sosialisasi melalui seni budaya itu efektif. Melalui kegiatan seni budaya, sosialisasi tersebut diharapkan bisa lebih dipahami oleh masyarakat; apa itu Pemilu dan kapan waktunya,” ujar Iwan.
Tahapan pemilu 2019 itu sendiri sudah dimulai, karenanya sosialisasi secara massif sudah harus dilakukan. “Sosialisasi melalui seni budaya itu, merupakan salah satu cara yang dilakukan KPU Kota Kotamobagu, mengingat daerah ini dikenal sebagai daerah adat.”
Asep Sabarm Komisioner KPU Kota Kotamobagu lainnya, menambahkan acara sosialisasi yang akan dilakukan besok juga dimeriahkan dengan lomba-lomba serta doorprize.
“Kami akan mengundang seluruh partai politik yang sudah resmi menjadi peserta Pemilu 2019. Kegiatan ini juga akan diikuti oleh masyarakat dari berbagai elemen organisasi maupun siswa pemilih pemula. Harapanya tentu agar mereka bisa berperan aktif menyosialisasikan dan menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 mendatang.”
Menurut Asep, secara garis besar maksud kegiatan tersebut untuk memberikan informasi pada masyarakat bahwa akan digelarnya Pemilu 2019 pada tanggal 17 April 2019 mendatang.
“Kami juga sekalian menginformasikan pentingnya partisipasi dan sekaligus menyampaikan soal akan dimulainya pemutakhiran data pemilu Pemilu 2019.”
Sebagaimana diketahui, tingkat partisipasi politik masyarakat saat gelaran Pemilu 2014 lalu berada di atas angka 80 persen. Dari daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 90.658 pada pemilihan legislatif (Pileg) dan 89.389 pada pemilihan presiden (Pilpres), angka partisipasi masyarakat di Kota Kotamobagu mencapai 86 persen, diatas angka rata-rata nasional.
“Karena itu diharapkan pada Pemilu 2019 yang dilakukan serentak Pileg dengan Pilpres harus lebih tinggi dari itu angka partisipasinya. Kalau lebih rendah dari itu, kan tidak bagus buat kita. Kita target bisa sampai 80 persen atau mempertahankan yang sudah ada,” kata Asep.
Nah, untuk mencapai angkat paritispasi tersebut, KPU Kota Kotamobagu akan bekerja sama dengan semua elemen, baik lembaga pendidikan atau kamunitas tertentu, serta tokoh masyarakat, agar mengkampanyekan pentingnya Pemilu, terutama bagi pemilih pemula. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …