Home / Berita / Besok, KPU KK Pleno DPS Pemilu 2019

Besok, KPU KK Pleno DPS Pemilu 2019

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu sudah menjadwalkan akan menggelar pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019 pada Lebaran kedua, Sabtu (16/06/18) besok.
Jadwal pleno tersebut sudah ditetapkan oleh Peraturan KPU, yakni dari tanggal 15 hingga 17 Juni 2018. “Kenapa kami mengambil hari kedua? Itu untuk menjaga jangan sampai pleno berjalan alot dan membutuhkan waktu Panjang. Kalau kami ambil waktu lebaran ketiga, jangan sampai waktunya tidak cukup,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan data.
Alasan lainnya, lanjut Asep, KPU Kota Kotamobagu menetapkan tanggal 16 Juni untuk Pleno DPS, karena sisa waktu yakni tanggal 17 Juni akan dimanfaatkan untuk menyusun laporan.
“Karena mulai tanggal 18 hingga 20 Juni 2018 merupakan tahapan pleno tingkat KPU Provinsi Sulawesi Utara, dimana KPU Kota Kotamobagu akan mempresentasikan hasil pleno tingkat kabupaten/kota. Kami harus menyiapkan laporannya secara terstruktur untuk disampaikan di pleno tingkata provinsi tersebut.”
KPU Kota Kotamobagu sendiri sudah mengedarkan undangan Pleno DPS besok ke seluruh partai peserta pemilu dan pihak yang berkepentingan dalam pemilu untuk sama-sama mencermati data DPS seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Kesbang Pol Kota Kotamobagu.
“Setelah DPS ditetapkan, maka tahapan selanjutnya KPU Kota Kotamobagu bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan mengumumkan atau mempublikasikan seluruh data DPS di kelurahan atau balai desa agar dilihat oleh warga,” ujar Asep.
Asep mengingatkan bagi Pemilih yang tidak masuk DPS bisa dimasukkan ke dalam daftar pemilih sementaar hasil perbaikan (DPS-HP). Setelah itu ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT). Memang, ada kenaikan jumlah pemilih pada Pemilu 2019 dibandingkan dengan DPT Pilkada 2018.
Karena ada tambahan pemilih pemula dan nantinya di tanggal 27 Juni pemilih dengan menggunakan KTP-el dan surat keterangan. “Yang penting untuk Pemilu 2019 warga harus punya KTP elektronik. Tanpa itu, maka tidak dibenarkan menggunakan hak pilih,” katanya.
Sementara itu, Ketua KPU Kota Kotamobagu, Nova Tamon, mengatakan KPU memang tidak mengenal hari libur Lebaran dan Natal dalam menjalani tahapan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) maupun pemilu 2019.
“Bagi KPU walaupun orang lain sedang libur lebaran, KPU tetap melaksanakan tahapan Pemilu yang beririsan dengan Pilkada. Kami tidak libur,” kata Nova di ruang kerjanya, Jumat (15/06/18). (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …