Home / Berita / Berkas Paslon Independen Lengkap

Berkas Paslon Independen Lengkap

KOTAMOBAGU – Masa pendaftaran hari terakhir pemilihan walikota dan wakil walikota Kota Kotamobagu, dimanfaatkan pasangan calon Jainudin Damopolii dan Suharjo Makalalag yang maju melalui jalur perseorangan, mendaftar ke KPU Kota Kotamobagu, Rabu (10/01/18).
“Dengan demikian sudah resmi ada dua peserta Pilkada Kota Kotamobagu Tahun 2018 ini. Meski demikian kita tetap menunggu hasil akhir dukungan pasangan perseorangan. Karena mereka masih haru memperbaikinya dan diberikan kesempatan hingga tanggal 18-20 Januari 2018 mendatang,” kata Nova Tamon, Ketua KPU Kota Kotamobagu, di sela-sela acara penerimaan berkas calon.
Menurut Nova yang saat ditemui media ini didampingi empat komisioner lainnya; Asep Sabar, Aditya Tegela, Amir Halatan dan Iwan Manoppo, secara keseluruhan proses pemasukan berkas pasangan Jainudin-Suharjo berjalan lancar, meski ada beberapa dukumen yang tertinggal dan harus dilengkapi.
“Kami sempat menskorsing acara tadi hingga 75 menit lamanya. Dan tepat pukul 12.30 wita dokumen Jainudin-Suharjo dinyatakan lengkap. Acara diakhiri dengan penyerahan surat tanda terima dari KPU Kota Kotamobagu ke pasangan calon.”
Ketika ditanya dokumen apa yang masih lengkap, Nova membeberkan, yakni surat pengunduran diri Suharjo Makalalag dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bukti pelunasan pajak selama 5 tahun terakhir. “Semuanya sudah dilengkapi tak sampai dua jam kemudian.”
Dengan sudah lengkapnya berkas pencalonan, maka pasangan calon Jainudin_suharjo dinyatakan bisa mengikuti tahapan Pilkada Kota Kotamobagu 2018 selanjutnya, yakni pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan di RS Kandou Manado.
Nova menambahkan, dokumen yang sudah masuk ke KPU Kota Kotamobagu tersebut nantinya akan diperiksa dan diteliti lebih lanjut oleh Pokja pada tanggal 13 dan 14 Januri 2018.
“Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk syarat pencalonan bagi pasangan calon. Pada tanggal 11 Januari 2018 kami mengundang kedua pasangan calon untuk menerima penjelasan persiapan pemeriksaan kesehatan,” jelas Nova.
Yang menarik, acara pendaftaran pasangan calon hari terakhir ini dihadiri langsung personil Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Mustarin Humagi, dan Ketua Divisi Hukum KPU Provinsi Sulawesi Utara, Ardiles Mewoh. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …