Berharap Pemilihan Tanpa PSU

Berharap Pemilihan Tanpa PSU

Kendari, kpu.go.id – Nur Syarifah, Kepala Biro Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU RI, pada sesi di hari kedua Bimbingan Teknis (Bimtek) Terpadu Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota serentak tahun 2018 memberikan dua materi yang pertama pelaporan dana kampanye untuk pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, dan yang kedua adalah yang terkait dengan sengketa.
Nur Syarifah mengatakan untuk aplikasi dana kampanye, sistem tersebut telah digunakan 2 kali dalam pemilihan, dan tidak mengalami perubahan, untuk itu ia berharap peserta bimtek dapat mensosialisasikan kepada jajaran di satker masing-masing.
“Ini sudah diinisiasi oleh KPU dengan memberikan satu instrumen yang namanya aplikasi dana kampanye, jadi aplikasi dana kampanye sudah digunakan sebanyak dua kali dalam pemilihan, dan tidak ada perubahan. Diharapkan para peserta bimtek ini sudah bisa memberikan bimtek atau sosialisasi cara menggunakan aplikasi dana kampanye,” kata dia.
“Terkait dengan penggunaan aplikasi peserta pemilu tidak harus menyalin ulang tetapi cukup melakukan print atau mencetak yang ada di dalam aplikasi, jadi semacam Sipol sekarang ini input di sistem kemudian hardcopynya bisa di cetak, dan tidak akan mengulang-mengulang kembali,” lanjutnya.
Selain itu kewajiban KPU Provinsi/ KIP Aceh dan KPU Kabupaten/ Kota sebagai penyelenggara pemilihan untuk membentuk tim helpdesk pelayanan laporan dana kampanye dengan SDM yang kapabel.
Sedangkan terkait materi sengketa, seringnya Provinsi Sulawesi Tenggara dan Papua menorehkan rekor di dalam tahapan, di dalam gelombang Pilkada tahun 2015 dan 2017 Provinsi Sulawesi Tenggara dan Provinsi Papua selalu ada PSU dan PSU. Jadi pesan dari Kendari kenapa dipilih yang pertama ini adalah tekat kita bersama untuk kemudian menyelenggarakan pemilihan tanpa PSU.
Hal ini disampaikan Nur Syarifah kepada para peserta bimtek yang ikut di dalam kelas kelompok B. (**)

sumber: www.kpu.go.id