Home / Berita / Bepergian 9 Juli Bawa A-5

Bepergian 9 Juli Bawa A-5

KOTAMOBAGU – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, mengingatkan kepada warga Kotamobagu yang hendak bepergian kemana saja pada tanggal 9 Juli, membawa A5.

“Ini penting agar jangan sampai hak konstitusi kita pada pemilihan presiden (pilpres) tidak bisa digunakan lantaran tidak diurus,” tegas Nayodo di kantornya, Jumat (04/07/14).

Nayodo mengatakan bahwa mobilitas penduduk saat ini snagat tinggi, baik karena urusan dinas, tugas belajar, pindah domisili, sakit, bencana dan persoalan hukum yang mengakibatkan seseorang menjadi tahanan, membuat mereka tidak ada di TPS pada 9 Juli.

Nah, kejadian itu tak boleh menghambat seseorang untuk menggunakan hak pilihnya. Karena itu, di manapun, mereka berada dapat menggunakan hak pilih dengan catatan mengurus formulir A-5 dari PPS asal,” terang Nayodo kepada wartawan.

Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data dan informasi, Asep Sabar, menambahkan hingga kini sedikitnya sudah ada 20-an orang yang mengurus formulir A-5. “Mereka berasal dari berbagai profesi seperti dokter, pekerja dan lainnya,” ujarnya.

Intinya, masih kata Asep, bagi mereka yang akan bepergian dan akan memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) lain, segera mengurus formulir model A-5 atau surat keterangan pindah memilih dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di kelurahan atau desa, tempat TPS awal yang memuat nama pemilih.

“Untuk mendapatkan formulir A-5, pemilih wajib menunjukkan KTP atau identitas lain kepada petugas PPS di desa atau kelurahan. Ini untuk memastikan orang yang mengurus formulir model A-5, benar-benar orang yang akan pindah memilih dan terdaftar sebagai pemilih di daerah tersebut. PPS juga harus teliti sebelum mengeluarkan formulir model A-5. Dikhawatirkan, ada orang yang meminta formulir model A-5 atas nama orang lain dengan tujuan mengeluarkan nama seseorang dari daftar pemilih tetap (DPT). Padahal yang bersangkutan tak berencana untuk pindah memilih.” (**)

 

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply