Home / Berita / Bentor Agen Sosialisasi Pemilu

Bentor Agen Sosialisasi Pemilu

KOTAMOBAGU – Kalau Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan hanya lima segmen masyarakat yang perlu mendapat perhatian, KPU Kotamobagu, menambah beberapa lagi, diantaranya komunitas bentor.

Pasalnya, kata Iwan Manoppo, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi sosialisasi, di Kotamobagu ini pengemudi bentor mencapai tiga ribuan orang, karena itu perlu juga mendapat perhatian.

“Sosialisasinya tidak sulit, hanya meminta para pengemudi bentor, khususnya yang memiliki tape sound yang kencang, untuk menyetel jingle-jingle pemilu pada jam-jam tertentu hingga hari H pemungutan suara nanti. Cara ini secara tidak langsung menggambarkan bahwa para abang bentor bisa juga menjadi agen sosialisasi pemilu ke masyarakat,” kata Iwan kepada media ini.

Cara yang ditempuh KPU Kotamobagu ini, lanjut Iwan merupakan kreatifitas dan inovasi sosialisasi pentingnya pemilu kepada masyarakat. “Kami masih punya segudang strategi sosialisasi kepada para pemilih, tapi tentunya disesuaikan dengan anggara yang ada.”

Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, yang diminta tanggapannya mengatakan untuk sosialisasi KPU di masing-masing daerah diberikan kewenangan penuh untuk berinprovisasi dan berinovasi.

“Masyarakat sekarang biasanya sudah bosan dan ogah-ogahan bila sosialisasi dilakukan dengan model ceramah, diskusi atau materi yang monoton. Masyarakat kalangan bawah terutama, lebih menyukai sosialisasi yang mengarah kepada entertain atau hiburan. Nah, cara itulah yang kami kembangkan di Kotamobagu.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply