Benahi Terus Daftar Pemilih

KOTAMOBAGU – Sebagaimana rekomendasi Pleno Nasional awal Desember 2013 silam, daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014 terus dibenahi.

KPU Kotamobagu sendiri hingga kini terus melakukan pemutakhiran, pencoretan serta pembersihan bagi pemilih yang dianggap tidak beres, mulai dari ganda, pindah domisili, alih status dan lain sebagainya. “Karena itu kami meminta kepada PPS dan PPK untuk membantu melakukan pekerjaan itu,” kata operator Sidalih KPU Kotamobagu, Yusril Kobandaha, Senin (13/01/14) kemarin.

Yusril menambahkan, hingga kini pihaknya masih terus memperbaiki data pemilih Kotamobagu. “Meski jumlahnya belum signifikan, kami tetap melakukan pembersihan-pembersihan serta perbaikan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Data Informasi, Humas, Kampanye dan Hubungan antar Lembaga KPU Kotamobagu, Asep Sabar, menambahkan bahwa pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu terkait perbaikan data pemilih.

“Memang hasilnya belum sesuai harapan, tapi yang pasti kami sudah berkoordinasi sesuai permintaan dan rekomendasi Bawaslu Pusat saat pleno tersebut. Dan rencananya pada 17 Januari mendatang kami akan melakukan pleno tingkat Kotamobagu,” tambah Asep.

Bahkan dalam banyak kesempatan Asep sering juga meminta kepada semua pihak, termasuk peserta Pemilu 2014 untuk sama-sama meng-cross check kembali pendukungnya apakah sudah terdaftar dalam daftar pemilih atau belum. Ini penting agar kedepannya tidak akan ada persoalan. (**)